6 Bulan Jaring Besi Rusak Dicuekin PUPR Depok, Sampah Plastik Penuhi Situ Bahar

Mada Mahfud
Sampah plastik penuhi Situ Bahar, Kelurahan Sukamaju Kota Depok akibat jaring besi rusak. Foto: Mada Mahfud

DEPOK, iNews Depok.id – Kondisi situ di Depok. Sampah plastik memenuhi Situ Bahar di Kelurahan Sukamaju Kota Depok akibat jaring besi rusak. Permohonan kepada PUPR Kota Depok untuk penggantian jaring besi sudah diajukan 6 bulan lalu, tetapi hingga kini belum ada tanggapan.

Kerusakan jaring besi untuk memfilter sampah plastik diungkapkan Suhardja, Juru Situ Bahar kepada iNews Depok, Jumat (13/9/2024).

”Kerusakan jaring besi pada awal tahun ini karena diterjang banjir. Kita sudah ajukan untuk penggantian jaring besi sejak 6 bulan lalu tetapi hingga kini belum ada,” kata Suhardja.

Menurut Suhardja, 2 jaring besi ditempatkan di pintu masuk Situ Bahar di Kali Jantung. Tujuannya untuk menyaring sampah-sampah plastik dan sampah ukuran besar lainnya sehingga tidak masuk ke Situ Bahar.

”Karena jaring besi rusak, sampah terutama plastik memenuhi Situ Bahar,” terang Suhardja yang diangkat Juru Situ oleh BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Cisadane-Ciliwung.

Ketiadaan jaring besi membuatnya sangat repot untuk membersihkan Situ Bahar yang luasnya 900 meter persegi dari sampah-sampah plastik.

”Tahu sendiri Mas, sampah plastik dan sejenisnya banyak sekali di kali. Jadinya Situ Bahar dibanjiri sampah plastik,” tambahnya.

Menurut Suhardja, untuk pemeliharaan (maintenance) seperti jaring besi adalah kewenangan PUPR Kota Depok.

Sedangkan untuk urusan yang lebih besar seperti pengerukan adalah kewenangan BBWS Pusat. ”Kita sangat mengharapkan jaring besi ini, demi kebersihan Situ Bahar,” tandas Suhardja.

Situ Bahar sejak 2022 telah direnovasi BBWS Cisadane-Ciliwung dengan dibuat turap sekeliling dan jogging track. Masyakat juga bisa duduk di pinggiran Situ Bahar dengan kursi panjang.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network