JAKARTA, iNews Depok.id – Pariwisata Indonesia semakin menggeliat di tahun 2024. Hasil riset terbaru menunjukkan peningkatan jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara.
Pilihan transportasi semakin variatif, dengan transportasi darat menjadi favorit. Destinasi wisata seperti Bali dan Jakarta tetap populer, sementara minat pada wisata berkelanjutan juga meningkat.
Pemerintah dan pelaku industri pun terus berinovasi untuk mendukung pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan.
Itu semua terungkap dalam tiketcom Webinar Nasional 2024 bertajuk “Tren Perilaku Wisatawan dan Perjalanan di Indonesia Selama Liburan 2024” pada Selasa, 10 September 2024 di kantor tiketcom yang berada di Wisma Barito Pacific II lantai 8, Slipi, Jakarta Barat.
Program kolaborasi tahunan bersama Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenparekraf RI ini merupakan komitmen antara tiketcom dan Kemenparekraf RI dalam mendukung pertumbuhan industri pariwisata melalui analisis data yang komprehensif.
George Hendrata, Chief Executive Officer tiketcom, menyampaikan, "Kembali hadir di tahun ke-empat, kolaborasi strategis antara tiketcom bersama dengan Kemenparekraf RI ini kami jalankan sebagai langkah penting dalam membaca dan memetakan tren pariwisata untuk membantu pemerintah merumuskan kebijakan yang lebih efektif. Dengan menyajikan data yang relevan dan prediksi yang akurat, kami optimis sektor pariwisata Indonesia akan terus berkembang pesat di tahun mendatang."
Turut menghadiri acara ini, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, membuka acara dengan memaparkan strategi dan kebijakan dalam mencapai target industri pariwisata di tahun 2024. Pencapaian sektor pariwisata nasional diketahui mengalami peningkatan yang signifikan, juga mendapatkan pengakuan dalam pasar global.
Kedepannya, pariwisata Indonesia akan dikembangkan dengan prinsip berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pariwisata, baik untuk destinasi juga wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.
“Kemitraan kami bersama tiketcom telah membantu Kemenparekraf RI dalam mencapai target industri pariwisata, dimana tiketcom selalu mendukung kami dalam memberikan data menarik mengenai perilaku wisatawan. Pencapaian pariwisata yang telah kami capai bersama, ditopang oleh data-data yang diberikan tiketcom, mendorong kami untuk menghadirkan kebijakan yang berbasis data dan sesuai dengan perkembangan tren wisata yang ada," ujar Sandiaga.
Mengacu pada hasil riset tiketcom bersama Pusdatin Kemenparekraf RI, perjalanan wisata masyarakat Indonesia mengalami peningkatan pada semester 1 2024, baik untuk domestik maupun perjalanan luar negeri. Hal ini disebabkan oleh momen hari libur nasional, cuti bersama, juga libur sekolah, dengan total hari libur mencapai 27 hari.
Pada periode liburan high season ini, opsi transportasi wisata yang diminati masyarakat semakin beragam. Jelang periode libur lebaran, masyarakat cenderung untuk memilih menggunakan transportasi darat. Sedangkan untuk periode libur sekolah, penggunaan bus dan kereta api menjadi favorit. Untuk perjalanan domestik, periode wisata masyarakat berlangsung selama rata-rata 6 hari, dengan destinasi wisata favorit adalah Bali, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait