Kinovation Batch 3, Kino Indonesia Dukung Kemajuan Merek Lokal Inspiratif dan Ramah Lingkungan

Novi
Dua dan tiga dari kiri (duduk): Yansen Kamto dan Sidharta Prawira Oetama, berfoto bersama 10 merek lokal peserta Kinovation Batch 3. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id – Program Kinovation Batch 3 dari Kino Indonesia telah memilih 10 merek lokal yang inovatif dan ramah lingkungan untuk menerima mentorship dan pelatihan. 

Datang dari berbagai kategori seperti perawatan kulit, makanan, kesehatan, hingga produk perawatan bayi, 10 merek lokal tersebut adalah; alamme_nutrientfood, arummi.foods, crystalofthesea, ezenail, lashboss.id, nonawoman, togeannaturale, world.of.makescents, vetpicurean.id, dan yoriandco.

Para peserta terpilih mendapatkan sesi mentoring one-on-one dengan para ahli dari berbagai industri termasuk pengetahuan praktis dan teknis yang diperlukan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, peluncuran produk, dan pengembangan bisnis strategis. 

"25 tahun kehadiran Kino Indonesia dibangun di atas pondasi inovasi dan ide-ide dengan semangat kolaborasi. Kinovation merupakan bentuk nyata kami dalam memberikan kontribusi positif di industri D2C khususnya. Kami sebagai pelaku industri FMCG tentunya juga ingin membangun sebuah eksosistem yang positif untuk semua stakeholder. Saling mendukung merek-merek lokal tentunya akan menciptakan sebuah kolaborasi yang baik untuk berkembang bersama berbasis bisnis yang berkelanjutan. Kino Indonesia bukan hanya berkomitmen memberikan produk dengan inovasinya, namun juga turut serta berdaya bersama membangun Indonesia yang lebih baik,” ujar Sidharta Prawira Oetama, Presiden Direktur Kino Indonesia pada Kamis, 22 Agustus 2024 di Jakarta.

10 merek lokal yang telah mengikuti pelatihan ini, hasil seleksi dari total 198 merek yang mendaftar dari berbagai wilayah Indonesia dimana mayoritas dari Jabodetabek. Namun ada pula sejumlah besar pendaftar dari Surabaya, wilayah Jawa Timur, dan bahkan hingga Bali. Inisiatif ini merupakan bentuk komitmen dan kontribusi Kino terhadap perkembangan merek direct-to-consumer (D2C) asli Indonesia.

Berdasarkan Survei Ipsos Global Trends 2023 mengungkapkan bahwa 51 persen masyarakat Indonesia meyakini bahwa kualitas merek lokal mampu bersaing dengan merek global, dan penerimaan masyarakat Indonesia terhadap kehadiran merek lokal terus berkembang pesat.

Yansen Kamto, Founder Senyawa+ dan salah satu mentor Kinovation mengatakan, “Kinovation hadir sejak tahun 2022 untuk memberikan wawasan para pemilik merek lokal dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi dan kesempatan untuk mengembangkan bisnis. Melalui pelatihan intensif selama satu bulan yang melibatkan berbagai sektor termasuk e-commerce, ritel, dan media digital, serta sesi mentoring dari para ahli dan alumni Kinovation batch sebelumnya. Dengan memberikan pembekalan yang esensial, kami turut mendukung ekosistem merek lokal dalam menciptakan inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan.”

Dengan semangat Kinovation, Kino berharap program ini dapat memberikan kesempatan untuk menambah wawasan dan ide kreatif bagi para peserta hingga membuka kesempatan kolaborasi untuk pengembangan bisnisnya. 

Danang Satria, selaku salah satu peserta Kinovation batch 3 dan juga Co-Founder ⁠⁠Alamme membagikan alasannya saat bergabung dengan Kinovation, “Salah satu alasan tertarik berpartisipasi menjadi peserta adalah karena saya membutuhkan banyak referensi dan wadah untuk berkolaborasi dan Saya merasa beruntung dapat menjadi bagian dari Kinovation batch 3, dimana saya bisa mendapatkan kesempatan networking dan peluang kolaborasi bersama.”

Manfaat lainnya dengan hadirnya Kinovation bagi Sihkami Denting, selaku Founder Togean Naturale merasa program ini dapat menjadi pembelajaran dan membantu berinovasi dan mengembangkan bisnisnya. “Bagi saya yang dulunya seorang karyawan yang beralih profesi menjadi entrepreneur, tentu banyak hal yang belum saya ketahui dan harus secara otodidak saya pelajari. Kehadiran Kinovation memberikan pengalaman baru terkhusus adalah ruang untuk bertukar pikiran hingga berinteraksi dengan para mentor hebat yang memberikan insight baru yang sangat berguna dalam pengembangan bisnis saya.” 

Kino Indonesia berharap semakin banyak merek-merek lokal yang menjadi juara di Indonesia dan memiliki misi yang sama dengan Kino Indonesia yaitu untuk terus tumbuh dengan mengkombinasikan ide dan inovasi serta wawasan global untuk menghadirkan produk inovatif terbaik dan terpercaya sehingga menjadi pilihan konsumen lintas generasi. 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network