Mentan Tekankan Program YESS Untuk Genjot Pertanian

Tama
Ilustrasi petani. Foto: ist

Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa program YESS telah cukup mampu membangun keberlanjutan dan penumbuhan petani milenial melalui peningkatan kapasitas keterampilan dan kemampuan manajemen usaha, perubahan mindset usaha, dalam rangka menggenjot produksi pertanian di Indonesia. Satu diantaranya melalui penanaman yang tepat waktu dan pemilihan varietas tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat, menjadi strategi jitu meningkatkan produksi pangan.

“Petani menjadi aktor utama dalam peningkatan produksi padi nasional dengan cara menambah luas tanam sehingga bertambah luas panen serta meningkatnya produksi pertanian,” ujarnya.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, menyampaikan bahwa melalui program YESS, diharapkan para penerima manfaat baik bimtek, pelatihan, pemagangan, PWMP, pendampingan akses KUR,optimalisasi jejaring/kluster melalui koperasi bisa dilanjutkan oleh Pemerintah Daerah, ujar Santi

Hal ini senada dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur dalam menyampaikan kisah suksesnya pelaksanaan program YESS di Kabupaten Cianjur bahwa menyampaikan pentingnya kerjasama dengan semua pihak dalam mendukung program ini untuk bisa di terapkan dan dimasukkan dalam program unggulan kepemudaan di program kerja Pemerintah Daerah usai program YESS ini berakhir.

"Dengan sinergi yang baik, kita yakin target penumbuhan petani muda, melahirkan jejaring usaha, peningkatan produksi dan kesejahteraan petani melalui pendirian koperasi dapat tercapai," ujarnya.

Dengan banyaknya pencapaian, manfaat, serta pentingnya program YESS dalam membangun keberlanjutan petani muda dalam berwirausaha di bidang pertanian, program tersebut diharapkan bisa di teruskan oleh pemerintah daerah setempat.

Output dari program kepemudaan ke depan diharapkan mampu menghasilkan petani muda yang berkualitas, berjiwa leadership, serta memiliki kemampuan kewirausahaan, manajerial, pemasaran dan pengembangan usaha yang cerdas dan berkualitas.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network