Great Place To Work Umumkan 20 Perusahaan Inspiratif sebagai Best Workplaces in Indonesia 2024

Novi
Evelyn Kwek, Managing Director Great Place To Work ASEAN & ANZ bersama dengan para perwakilan dari dua puluh perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar Best Workplaces in Indonesia 2024. Foto: Ist

JAKARTA, iNews Depok.id - Bertempat di The Park Hyatt Hotel, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Rabu, 31 Juli 2024, Great Place To Work mengumumkan daftar Best Workplaces in Indonesia 2024.

Penghargaan ini mencakup 5 perusahaan kategori Kecil, 10 perusahaan kategori Menengah, dan 5 perusahaan kategori Besar yang menginspirasi. Daftar tersebut diperoleh berdasarkan hasil survei bersifat rahasia, menggabungkan lebih dari 40.000 respons individu yang mencerminkan pengalaman hampir 60.000 karyawan di berbagai kota di negara dengan populasi terbesar di Asia Tenggara.

Mengusung tema ‘Great is Possible’, acara ini merayakan 20 perusahaan di Indonesia yang berkomitmen membangun lingkungan kerja positif, serta menjaga fokus utamanya terhadap karyawan sebagai aset terbesar melalui Great Place To Work Certification. Terlepas dari berbagai tantangan dan kompleksitas tempat kerja modern, perusahaan-perusahaan ini sukses menunjukkan bahwa kehebatan tidak hanya dapat dicapai namun juga berkelanjutan.

Evelyn Kwek, Managing Director, Great Place To Work ASEAN & ANZ mengatakan bahwa Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang dinamis dan vibrant di Asia Tenggara.

“Di tengah terus berkembangnya dunia kerja, mulai dari kemajuan teknologi, pergeseran budaya, hingga perubahan ekonomi, perusahaan-perusahaan ini telah berhasil menunjukkan dedikasi yang tak tergoyahkan untuk membuat kerja menjadi luar biasa bagi semua orang. Sebagai standar yang diakui secara global, Great Place To Work Certification mendorong para pemimpin dan organisasi untuk membangun dan mempertahankan budaya tempat kerja dengan kepercayaan dan performa tinggi, yang akan berdampak positif pada pengalaman karyawan, mendukung keberhasilan bisnis, dan membawa manfaat bagi masyarakat,” ujar Evelyn.

Menurut data survei Great Place To Work, perusahaan yang bersertifikasi lebih unggul sebesar 9,2% dibandingkan pasar saham secara keseluruhan. Perusahaan-perusahaan ini juga melampaui perusahaan yang tidak tersertifikasi, dimana 51% karyawan lebih besar kemungkinannya bertahan dalam jangka panjang dibandingkan tempat kerja pada umumnya. Hal ini semakin menunjukkan pentingnya menumbuhkan budaya tempat kerja yang baik.


Ki-ka: Letran Silalahi (HR Director PT. Syngenta Seed Indonesia), Christian Bayu Putra (Director PT. Syngenta Seed Indonesia), Sebastian Goldmann (Regional General Manager of Indonesia & Timor Leste, Hilton), dan Evelyn Kwek (Managing Director GPTW). Novi

 

Sebagai lanjutan perwujudan komitmen dari perusahaan bersertifikat terhadap inisiatif kultur tempat kerja, sejumlah brand di Indonesia juga berdedikasi untuk menciptakan strategi bisnis yang mengutamakan karyawan dan berorientasi pada tujuan. Upaya ini membawa beberapa diantara perusahaan tersebut masuk ke dalam daftar Best Workplaces in Indonesia 2024 yang ditunggu-tunggu.

Andika Bayupati, HR Senior Director, DHL Supply Chain Indonesia mengatakan di DHL Supply Chain Indonesia, fokus tetap sama: Excellence. Simply delivered.

“Kami menjalankan DNA perusahaan, yaitu respect dan results, serta memastikan setiap orang merasa diterima. Saat telah merasa menjadi bagian, keterlibatan akan semakin besar, potensi sejati berkembang, dan bersama-sama, kami menjadi tak terhentikan,” kata Bayupati.

Lebih lanjut lagi, Alex Murray, AVP, SE Asia, Hilton, juga menambahkan bahwa budaya menjadi kunci bagi seluruh tim di Hilton.

"Membangun lingkungan yang memberdayakan anggota tim untuk maju selalu menjadi prioritas utama di Hilton. Kami dengan bangga menerima penghargaan ini, yang semakin mempertegas komitmen kami dalam mengembangkan budaya tempat kerja yang hebat, yang berlandaskan pada inklusi, kesejahteraan, pertumbuhan, dan tujuan,” ujar Murray.

Sementara itu, fokus pada karyawan juga menjadi prioritas di agensi digital Luminary. Marty Drill, CEO, Luminary mengatakan, meski penghargaan sebagai Great Place to Work sangat berharga bagi brand, namun nilai sebenarnya terletak pada adanya organisasi independen yang mengevaluasi tempat kerja dan budaya. “Kami mempelajari apa yang berhasil dan di mana ada peluang untuk menjadikan Luminary lebih baik lagi,” katanya.

Hesty Noviana, Lead Talent Partner, Luminary setuju dan menyebutkan bahwa Luminary memiliki fokus untuk memastikan para orangtua dapat mendukung anak sekaligus mempertahankan kariernya. “Anak dari salah satu anggota tim membutuhkan lebih banyak waktu darinya, sehingga ia berusaha untuk mengundurkan diri. Kami menyarankannya untuk mengambil cuti selama enam bulan, kini dia telah kembali bekerja paruh waktu dan berkembang pesat,” kata Noviana.

Selain itu, Avery Dennison ikut membagikan fokus mereka mengenai inklusivitas. “Kami merayakan Hari Perempuan Internasional, Ramadan, Idul Fitri, Hari Kemerdekaan, Natal, dan Malam Tahun Baru dengan kegembiraan dan inklusivitas. Pertemuan karyawan tahunan kami membangun ikatan yang kuat, ditambah dengan Sports Day untuk karyawan berkegiatan aktif sambil bersenang-senang. Acara potluck juga mempertemukan kami dengan tawa dan makanan lezat, menjadikan tempat kerja benar-benar istimewa,” kata tim di Avery Dennison.

Best Workplaces in Indonesia 2024, kategori usaha Kecil:

  1. Lenovo Indonesia
  2. Luminary
  3. Avery Dennison Indonesia
  4. PT. Becton Dickinson Indonesia
  5. Mastercard

Best Workplaces in Indonesia 2024, kategori usaha Menengah:

  1. DHL Supply Chain
  2. Capella Ubud
  3. IGT Solutions
  4. PT. Ericsson Indonesia
  5. PT. Syngenta Seed Indonesia
  6. Flight Center Travel Group
  7. DHL Global Forwarding
  8. PT. URC Indonesia
  9. SC Johnson
  10. Ipsos

Best Workplaces in Indonesia 2024, kategori usaha Besar:

  1. DHL Express Indonesia
  2. Hilton
  3. Schneider Electric Indonesia
  4. Teleperformance
  5. Accenture


Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network