Kisah Sukses Dushishoes, Brand Sepatu Lokal Asal Bogor Pesanan Naik 16 Kali Lipat Karena Shopee Live

Mikail
Dushishoes, dari penyuplai bahan, menjadi raksasa sepatu lokal dengan Shopee Live. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Di tengah ketatnya persaingan industri sepatu tanah air, Dushishoes, brand sepatu lokal asal Bogor, tampil memukau dengan kisah suksesnya. Berawal dari usaha kecil, Dushishoes menjelma menjadi brand ternama dengan memanfaatkan teknologi dan strategi yang tepat, terutama melalui Shopee Live.

Diana, sang pemilik Dushishoes, memulai usahanya sebagai penyuplai bahan sepatu. Di tengah pandemi, ia dihadapkan pada tantangan penurunan permintaan. Namun, alih-alih menyerah, Diana justru melihat peluang baru. Ia mulai memroduksi sepatu dan sandalnya sendiri, dan merambah dunia online melalui platform e-commerce, khususnya Shopee.

“Sepatu itu soal kenyamanan, jadi cara berjualannya pun juga harus membuat pelanggan nyaman, maka dari itu di tahun 2019 kami fokus memasuki pasar ritel online melalui platform Shopee. Berbagai inisiatif dan inovasi yang Shopee hadirkan menjadi kunci kami untuk berkembang. Terutama sejak Shopee Live pertama kali diperkenalkan, kami melihat ini sebagai langkah strategis untuk beradaptasi dalam kemajuan era digital. Apalagi antusiasme pengguna Shopee terhadap produk kami juga sangat luar biasa, kami merasakan dampak positif lewat peningkatan pesanan hingga 16 kali lipat sejak pertama kali kami live stream hingga bulan Mei 2024. Bagi kami, Shopee Live bukan hanya platform untuk memasarkan produk secara real-time, tapi juga memberikan ruang bagi kami dan pembeli menjadi lebih dekat dan personal. Mereka bisa mengajukan pertanyaan, melihat kualitas dan detail produk, serta menyaksikan secara langsung saat dikenakan oleh para host, mulai dari bentuk hingga ukuran. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap brand kami,” cerita Diana, Owner Dushishoes.


Diana, Owner Dushishoes, Foto: Ist

 

Mempunyai ambisi menjadi brand lokal yang dikenal masyarakat luas, Dushishoes sukses menjadikan Shopee Live sebagai fitur yang membantu untuk memperluas brand awareness produknya. Selama Q1 2024 ini, Shopee Live pun berhasil berkontribusi lebih dari 34% pendapatan transaksinya di Shopee. Setiap sesi live stream yang diadakan secara rutin oleh Dushishoes mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam, tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan produk, tetapi juga sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan dan menerima evaluasi terkait kualitas dan masukan mengenai tren terkini yang bisa dijadikan inspirasi berikutnya untuk koleksi Dushishoes. Membangun komunitas yang kuat, mendekatkan diri dengan calon pelanggan serta memberikan edukasi mendalam mengenai produk-produk yang ditawarkan.

“Lebih dari itu, ekosistem yang saling terintegrasi di Shopee berperan penting dalam menciptakan pengaruh yang berkelanjutan antar fitur. Untuk menarik lebih banyak pengguna ke sesi Shopee Live, kami juga memanfaatkan platform Shopee Video dengan menyajikan konten video pendek yang kreatif dan menarik. Beberapa jenis konten Shopee Video yang kami sajikan termasuk rekomendasi outfit dengan Dushishoes, berbagai produk terbaru, kombinasi warna sepatu yang sesuai, dan konten menarik lainnya. Menariknya, lewat konten video ini, kami berhasil mendapatkan perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengunjungi toko Dushishoes secara langsung untuk mengeksplorasi produk-produk lainnya,” tambah Diana.

Perjalanan Dushishoes: Lebih dari Sekadar Fungsionalitas dan Kualitas

Di balik strategi bisnisnya untuk dinamis terhadap perubahan teknologi, Dushishoes memiliki visi yang kuat untuk memproduksi sandal dan sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau. Walau diawali dengan mengandalkan produk dari toko lain karena belum memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu dan pengalaman, Dushishoes akhirnya berhasil memulai produksi sendiri, seperti sandal plastik elmo, flatshoes, mules, heels, dan berbagai model lainnya.

Proses produksinya dilakukan dengan sangat teliti, baik tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal, hingga sampling dan uji coba untuk memastikan kualitas produk telah sesuai standar sebelum diproduksi secara massal.

Dushishoes tidak hanya fokus pada aspek fungsionalitas dalam setiap koleksi sepatunya, tetapi juga membangun identitas dan cerita yang kuat di balik setiap desain yang dihadirkan. Dengan tidak mengesampingkan tren pasar, Dushishoes berhasil menciptakan produk yang tidak hanya mengikuti mode, tetapi juga memiliki nilai tambah bagi para penggunanya. Seperti DUSHI Mizzu flat, DUSHI Amara flat, dan Luna heels, modelnya yang casual, kekinian dan nyaman menjadi tiga produk terlaris di Shopee. Memiliki model yang beragam tidak membuat Dushishoes mengesampingkan kualitas terbaik dari setiap produk yang dijual.

Melalui konsep home industry, baik bahan hingga pengrajin yang semuanya dalam negeri, Dushishoes tidak hanya menjadi brand lokal sepatu yang diandalkan, tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar.

Sejak awal, Dushishoes telah memilih untuk bergabung dengan Shopee karena melihat potensi pertumbuhan yang pesat dan luas. Dushishoes juga aktif mengikuti berbagai program yang ditawarkan Shopee, seperti Gratis Ongkir, Cashback, serta rutin berpartisipasi dalam kampanye angka kembar dan program-program Shopee lainnya.


Lebih dari sepatu, Dushishoes membangun kepercayaan dan koneksi. Foto: Ist

 

Konsistensi dalam menyajikan konten menarik di Shopee Live dan Video juga menjadi salah satu strategi Dushishoes, demi berhasil memenangkan hati konsumen dan membangun basis pelanggan yang setia. Tak hanya sampai disitu, berkat kegigihan Dushishoes dalam memanfaatkan kehadiran Shopee, mereka berhasil memenangkan Shopee Super Awards 2023 dalam kategori Ekspor. Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan kualitas produk lokal mereka yang kini berhasil menembus pasar internasional.

“Bagi kami, setiap tantangan besar dapat diubah menjadi peluang kesuksesan melalui kreativitas dan pemanfaatan teknologi yang tepat. Bersama Shopee dan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live maupun Shopee Video, telah membuka jalan kami yang baru. Dengan kolaborasi ini, kami tidak hanya mampu mengembangkan bisnis lokal, tetapi juga membuktikan bahwa semangat untuk terus berinovasi dapat membawa dampak positif, baik bisnis dan lingkungan sekitar,” tutup Diana.

Kisah Dushishoes adalah inspirasi bagi para pelaku usaha lokal. Dengan strategi yang tepat, pemanfaatan teknologi, dan dedikasi tinggi, brand lokal pun bisa bersaing dan meraih kesuksesan.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network