JAKARTA, iNewsDepok.id - Belanja online kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Setiap orang memiliki cerita unik dalam memanfaatkan keunggulan belanja online lewat e-commerce untuk memenuhi kebutuhan.
Tingginya minat masyarakat, turut membuka peluang bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka. Kehadiran platform e-commerce berkontribusi signifikan pada aspek ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, serta menjadi solusi bagi kebutuhan pembeli dan penjual.
Menjalankan peran sebagai destinasi belanja online bagi masyarakat, Shopee telah menghadirkan inovasi dan program bermanfaat bagi seluruh ekosistem. Berbagai kampanye dan kurasi produk terbaik yang disesuaikan dengan preferensi pengguna di laman Shopee Mall, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video yang memberikan kesempatan interaksi lebih dekat antara penjual dan pembeli, menjadi bentuk nyata dari upaya Shopee untuk tumbuh beriringan dengan kebutuhan rakyat serta meningkatkan pengalaman belanja pengguna.
Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia mengatakan, “Shopee terus berkomitmen untuk menjadi bagian dari banyak cerita inspiratif para pengguna dalam mengoptimalkan berbagai inovasi teknologi dan rangkaian program yang kami hadirkan. Selaras dengan misi Shopee yang konsisten untuk mendukung perkembangan dalam kehidupan masyarakat melalui teknologi, berbagai inovasi pun kami dedikasikan untuk menyesuaikan dengan cara dan perilaku masyarakat berbelanja yang telah bertransformasi. Mulai dari fitur Shopee Mall hingga rangkaian fitur interaktif, Shopee Live, dan Shopee Video. Inisiatif ini telah hadir mewarnai perjalanan preferensi belanja masyarakat dari waktu ke waktu dengan menyuguhkan pengalaman yang menyenangkan, nyaman, dan terpercaya. Sekaligus membawa dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal dengan memperbanyak pintu kesempatan produk lokal dalam memperluas jangkauannya.”
Melalui acara yang bertajuk "Bercerita Bersama Shopee: Membangun Impian, Mewujudkan Kesuksesan" bertempat di Kantor Shopee lantai 6 Gama Tower, HR Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Selasa, 25 Juni 2024, Shopee mengundang Aaliyah Massaid serta dua brand lokal Luxcrime dan Careso untuk mendengarkan cerita mengenai manfaat dan peluang yang dirasakan dari berbagai inovasi program dan teknologi fitur Shopee. Para narasumber berbagi kisah mengenai peran Shopee dalam membangun mimpi di kehidupan mereka dan mewujudkan kesuksesan yang diharapkan, serta mengulik keuntungan yang didapatkan dari fitur dan program Shopee yang mereka gunakan.
Melalui Shopee Live, Careso Berhasil Tingkatkan Penjualan
Joseph Sebastian sebagai Founder & CEO Careso menceritakan awal perjalanan yang ia lalui bersama Shopee, “Bisa dibilang penjualan pertama produk Careso kepada konsumen adalah melalui Shopee. Bahkan di hari pertama kami upload produk kami di Shopee, langsung ada yang membeli. Padahal belum ada marketing yang kami lakukan dan masih toko biasa, bahkan belum menjadi Star Seller. Melihat hal ini, kami mulai memfokuskan penjualan Careso dan mengikuti berbagai kampanye di Shopee, hingga akhirnya bisa menjadi penjual Shopee Mall di tahun yang bersamaan. Bersama jaminan 100% Ori yang dimiliki Shopee Mall, eksposur kami juga semakin luar biasa karena masyarakat merasakan keamanan dan yakin terhadap produk dari toko resmi kami. Ini semua mengantarkan Careso hingga mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee dibandingkan hari biasa. Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan, khususnya untuk brand lokal seperti Careso, saya puas sekali dengan Shopee sebagai sebuah platform e-commerce yang mendukung hasil karya anak bangsa.”
Sebelumnya, brand fragrance lokal yang dimulai dari bisnis rumahan di tahun 2019, mengalami tantangan besar saat akan meluncurkan produknya. Bagaimana tidak? Sudah siap untuk meluncurkan produk lewat offline retail ternama dengan toko yang tersebar di seluruh Indonesia, namun kemudian pandemi terjadi dan Joseph terpaksa harus mengubah strategi pemasaran dan penjualan Careso dengan bergabung bersama Shopee di awal tahun 2020.
Dimulai dari meluncurkan 6 produk body fragrance di Shopee, hingga kini Careso sudah memiliki lini body lotion, EDP perfume, body wash, dan lini produk baru Careso Baby yang aman untuk kulit bayi.
Tidak hanya mengikuti berbagai kampanye yang Shopee hadirkan, Careso juga melihat peluang dan merasakan manfaat yang signifikan dari fitur Shopee Live dan Shopee Video. Memiliki produk wewangian yang tidak bisa ditunjukkan warna ataupun tekstur seperti produk kecantikan lainnya, kedua fitur interaktif Shopee ini memberikan kemudahan bagi Careso dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian. Tiap produk Careso sendiri memiliki desain, warna, dan portrayal masing-masing yang dibuat untuk memicu imaginasi dan memori konsumen. Dengan cara yang khas ini, Careso dapat mendeskripsikan wangi dari 16 jenis wewangian yang dimiliki dan memberikan rekomendasi secara langsung dari preferensi yang konsumen sampaikan di kolom komen melalui Shopee Live.
Lewat Shopee Video, Careso juga sering memberikan tips dan info bagi konsumen sehingga lebih mudah memilih produk yang sesuai, seperti tips memilih antara body mist dan EDP Careso sesuai dengan kebutuhan. “Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan Careso setelah menggunakan kedua fitur interaktif Shopee. Kontribusi Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan Careso, dimana 40% total pendapatan di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live. Platform Shopee ini sudah lengkap sekali untuk brand lokal seperti kita untuk tumbuh dan berkembang, dan fitur yang dimiliki menurut saya sangat di atas platform lain. Saya yakin jika Shopee dimanfaatkan dengan baik, dapat menjadi batu loncatan bagi kesuksesan lebih banyak brand lokal dan UMKM di luar sana,” tambah Joseph.
Editor : M Mahfud