Krisis Kesehatan di Kamp Pengungsian Gaza Memburuk, PMI Lanjutkan Layanan Kesehatan Keliling

Mikail
Sejak awal Februari 2024, PMI bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan lokal di Gaza, tetap berkomitmen melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan organisasi lokal, membantu pengungsi. Mereka menyediakan layanan kesehatan keliling, layanan dapur umum, dan air bersih.

Layanan Kesehatan Keliling PMI penting karena banyak rumah sakit yang hancur dan sistem rujukan pasien terhenti. Tim medis PMI juga harus berhati-hati karena mereka tidak ingin menjadi target serangan.

Pada awalnya, Layanan Kesehatan Keliling PMI dilakukan di Kamp Pengungsian Rafah. Namun, karena alasan keamanan, layanan tersebut dipindahkan ke Kamp Penampungan Khan Younis.

Sejak awal Februari 2024 lalu, Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan lokal di Gaza tetap berkomitmen melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling dan memastikan agar layanan ini bisa menjangkau wilayah-wilayah penampungan lainnya.

Dalam siaran persnya pada Kamis, 13 Juni 2024 di Jakarta, Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia, Dr. Abdurrahman Muhammad Fachir menyatakan, “Dalam misi kemanusiaan di Palestina ini, selain membantu penyediaan kebutuhan dasar pengungsi, PMI juga berfokus pada layanan kesehatan, layanan dapur umum, dan juga penyediaan air bersih. Tiga layanan utama ini akan terus kita lanjutkan dan kita perluas ke berbagai wilayah sesuai dengan pertimbangan prioritas kebutuhan, akses jangkauan, serta keamanan dan keselamatan petugas.”

Lebih lanjut Fachir menjelaskan, “Layanan Kesehatan Keliling dilaksanakan dengan perhitungan yang sangat hati-hati. Selain memperhitungkan akses masuk lokasi, PMI harus mempertimbangkan jaminan maupun keselamatan dan keamanan personil. Kami tidak ingin Tim Medis kita menjadi target serangan. Pembiayaan kegiatan layanan ini menggunakan sumbangan dari donor dan masyarakat Indonesia melalui PMI. Oleh karena itu, atas nama PMI kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para donor, sehingga layanan ini dapat terlaksana”.

Salah satu donor dari Indonesia adalah Lifebuoy yang selama puluhan tahun terus mewujudkan komitmennya untuk turut mencegah penyebaran kuman, melindungi kesehatan masyarakat, dan telah bekerja sama dengan berbagai organisasi lokal maupun internasional untuk misi kemanusiaan.

Selanjutnya, Kepala Markas Pusat Palang Merah Indonesia Arifin Muh Hadi yang saat ini berada di Kairo untuk memimpin langsung misi Kemanusiaan PMI di Gaza Palestina menjelaskan, “Layanan Kesehatan Keliling PMI ini dilakukan untuk menjawab terhentinya layanan dari sebagian besar Rumah Sakit akibat kerusakan struktur dan infrastruktur. Pasien dengan kasus berat terpaksa tidak bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan karena sistem rujukan pasien terhenti akibat keterbatasan transportasi dan ambulans, serta terhentinya operasional Rumah Sakit dan klinik darurat terdekat”.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network