Pantau Langsung Pelayanan Di Balaikota, Imam Budi Hartono Pastikan Tidak ada Pungli ke Masyarakat

Indra Siregar
Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono saat memantau pelayanan masyarakat. Foto : Ist.

DEPOK, Depok Inews.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, meninjau sejumlah pelayanan publik di Lantai 1, Gedung Dibaleka II, Balai Kota Depok.  

Kunjungan Imam, dilakukan untuk melihat langsung kinerja pegawai Pemkot Depok dalam melayani masyarakat, mulai dari layanan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), pembuatan surat AK-1 (kartu kuning) dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) hingga layanan Dinas Sosial (Dinsos) Depok. 

Secara spontan, kunjungan Bang Imam itu mengejutkan para petugas dan masyarakat yang tengah mengurus berbagai pelayanan di loket-loket yang tersedia. 

"Saya ke sini mendadak untuk melihat pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok, baik terkait kependudukan, pelayanan surat AK-1 dan pelayanan dinas sosial," katanya, usai tinjauannya tersebut.

Dalam kunjungannya juga, Bang Imam bertemu langsung dengan warga yang sedang mengakses layanan. Banyak dari mereka yang mengungkapkan rasa syukur dan puas dengan pelayanan yang diberikan Pemkot Depok.

Menurutnya, pelayanan yang cepat, mudah, dan gratis adalah kunci kenyamanan bagi warga Kota Depok. 

"Tidak ada calo, no calo-calo. Alhamdulillah, saya bersyukur kalau kondisinya begini terus. InsyaAllah, Kota Depok menjadi kota yang nyaman dan friendly city, bersahabat dengan para pendatang maupun bagi warga Depok yang ingin tinggal di sini," tambahnya. 

Selain itu, banyak hal-hal yang terpotret dalam kunjungannya itu,  seperti tentang  inovasi digital yang diterapkan dalam pelayanan tenaga kerja. 

Aplikasi Bursa Kerja Online dari Disnaker telah membantu sekitar 5000 orang dalam setahun terakhir, dengan 2000 orang berhasil mendapatkan pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri.

Hal tersebut menunjukkan bahwa angka pengangguran di Depok semakin berkurang berkat program yang berjalan dengan baik. 

Komitmen Depok Terus Tingkatkan Inovasi Pelayanan Publik

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau Bang Imam menekankan pentingnya peningkatan fasilitas untuk kenyamanan warga, seperti tempat duduk, fasilitas minum gratis dan ruang bermain anak. 

"Peningkatan yang kita lakukan adalah peningkatan fasilitas kenyamanan, misalkan tentang tempat duduknya, fasilitas minum gratis, sehingga mereka lebih nyaman," jelasnya. 

Dirinya  juga menekankan pentingnya kepastian waktu pelayanan. Sebab hal ini paling diharapkan adalah kepastian dari pelayanan yang digunakan oleh warga.

"Saya lihat semua sudah dilakukan dengan baik oleh Dinas Kependudukan, Dinas Sosial, maupun Dinas Tenaga Kerja," katanya. 

Selain itu, layanan pengaduan online melalui  Depok Single Window (DSW)  juga menjadi perhatian. 

"Kita ada pengaduan secara online melalui DSW terhadap pelayanan-pelayanan yang ada. Alhamdulillah, untuk pelayanan kemasyarakatan saya lihat hari ini sudah sangat bagus. Tinggal pengaduannya kita tingkatkan, sehingga kalau ada oknum-oknum yang ingin menjadi calo, itu harus kita segera selesaikan," tegas Bang Imam. 

Terkait publik figur yang memuji pelayanan publik di Kota Depok, dirinya menggangap testimoni dari public figure sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan warga terhadap pelayanan yang ada. 

Dengan kunjungan ini, Bang Imam berharap pelayanan publik di Kota Depok terus meningkat dan semakin dipercaya oleh masyarakat.

"Ini menjadi penting bahwa tidak hanya disampaikan oleh kami sebagai penyelenggara pemerintah, tetapi bisa disampaikan bagaimana mereka (public figure maupun masyarakat) merasakan kenyamanan, kemudahan, dan cepat dalam pelayanan itu," tandasnya.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network