UI Melesat dari 237 ke Posisi 206 QS World University Rangkings 2025, Peringkat 8 di Asia Tenggara

Muhammad Refi Sandi
Universitas Indonesia (UI) kian memantapkan posisi sebagai yang terbaik di Indonesia. Foto : ui.ac.id

DEPOK, iNewsDepok.id  - Universitas Indonesia (UI) kian memantapkan posisi sebagai yang terbaik di Indonesia. Ranking UI itu dipublikasikan oleh Quacquarelli Symonds (QS) pada QS World University Rankings (QS WUR) 2025 (Selasa, 4/6), saat acara QS EduData Summit 2024 bertempat di Washington, D.C. Amerika Serikat, peringkat global UI melesat dari 237 pada tahun sebelumnya menjadi 206—atau peringkat 8 di Asia Tenggara. 

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro turut berbangga atas prestasi ini. Ia turut mengapresiasi seluruh sivitas akademika UI yang telah berjuang bersama.

“UI mengalami kenaikan peringkat pada QS World University Rankings selama empat tahun terakhir. Tahun 2022 hingga 2025, UI mengalami kenaikan peringkat berurut-turut, yakni 290, 248, 237, hingga 206. Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh sivitas akademika UI yang telah berjuang hingga kita berada di posisi ini,” kata Prof. Ari dalam keterangannya di Depok, Rabu (5/6/2024).

Seperti tahun sebelumnya, QS menetapkan sembilan indikator pada pemeringkatan ini yang meliputi Academic Reputation, Citations per Faculty, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, International Faculty, International Students, Employment Outcomes, International Research Network, dan Sustainability. Dari keseluruhannya, UI mengalami kenaikan untuk empat indikator, yakni Employer Reputation, Academic Reputation, International Faculty, dan Faculty Student Ratio. Adapun skor UI untuk Employer Reputation, Employment Outcomes, dan International Students menduduki peringkat 1 di Indonesia.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network