Pemkot Depok Gelar Tradisi Ngubek Empang dalam Rangka Lebaran Depok

Gabriel Arti Kunanto
Tradisi Ngubek Empang di Depok, Foto: @infodepok_id

DEPOK, iNews Depok.id - Pemerintah Kota Depok menggelar tradisi Ngubek Empang untuk memeriahkan acara Lebaran Depok. Acara ini berlangsung meriah di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, pada Kamis (16/05/24).

Tradisi Ngubek Empang merupakan kegiatan menangkap ikan secara bersama-sama di empang. Tradisi ini tidak hanya bertujuan untuk menghidupkan kembali kearifan lokal, tetapi juga sebagai sarana mempererat kebersamaan dan silaturahmi antar warga.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan Tradisi Ngubek Emang ini merupakan salah satu kelestarian budaya lebaran di Depok.

“Ini salah satu rangkaian dari Lebaran Depok sebagai upaya kelestarian budaya, dimulai dari Ngubek Empang, besok ada motong Kebo Andil, rantangan pawai dan sebagainya,” ungkapnya.

Menurutnya, Tradisi Ngubek Empang ini sebagai simbol kebersamaan antar masyarakat dalam menyambut Lebaran.

“Ngubek Empang sebagai simbol kebersamaan, kalau sejarahnya ini dilakukan oleh orang yang secara ekonomi memang kurang mampu, makanya mereka dalam menyambut lebaran biar ada makanan buat keluarga, mereka mengadakan semacam tabungan, arisan mereka beli ikan,” katanya.

“Lalu mereka taruh di empang, nanti mau lebaran itu diubek sama-sama, nanti dikilo sesuai dengan kiloan yang mereka tangkap,” ucapnya.

acara ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk melestarikan budaya lokal serta memperkenalkan tradisi asli Depok kepada generasi muda.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network