Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi yang Stabil Berdampak Positif pada Pengurangan Pengangguran

Gabriel Arti Kunanto
Menteri Keuangan Sri MulyaniFoto: @smindrawati

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pertumbuhan ekonomi yang stabil akan berdampak positif terhadap tingkat pengangguran terbuka di negara ini.

Menurut data pertumbuhan ekonomi yang konsisten dan stabil pada februari 2024, tercatat orang yang bekerja 142,18 juta orang meningkat sejauh 3,55 juta yang sebelumnya 138,63 juta orang pada februari 2023.

Lapangan pekerjaan mengalami pertumbuhan dan penurunan, tercatat kenaikan tertinggi pada Februari 2023 hingga Februari 2024, peningkatan ini berasal dari akomodasi, makan minum, perdagangan dan administrasi pemerintah dengan masih-masing meningkat sebesar 0,96 juta orang, 0,85 juta orang, dan 0,76 juta orang, sedangkan informal menurun dari 60,12 menjadi 59,1.

Sri Mulyani percaya bahwa penurunan jumlah orang yang bekerja secara informal tersebut menunjukkan peningkatan kualitas tenaga kerja secara nasional, karena lebih banyak orang memiliki kesempatan untuk bekerja secara formal atau memiliki lebih banyak stabilitas pekerjaan.

"Ke depan, APBN akan terus dioptimalkan untuk menjaga stabilitas ekonomi, mendorong akselerasi pertumbuhan, dan penciptaan lapangan kerja," ungkapnya.

Dengan demikian, pemaparan Menteri Keuangan hari ini menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi yang mampu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network