Kisah Ulfatun, Anak Buruh Ukir Hidup Pas-pasan, Raih Beasiswa S2 di UGM Lulus IPK Cumlaude 3,89

Donald Karouw
Ulfatun Nikmah (26) bersama kedua orangtuanya, dia berhasil lulus cumlaude dengan menyelesaikan studi dari Prodi Magister Sains Akuntansi dalam waktu 1 tahun 10 bulan 24 hari dengan capaian IPK 3.89. Foto: Laman resmi UGM

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kisah inspiratif berasal dari Ulfatun Nikmah (26), seorang mahasiswi Ilmu Akuntansi angkatan 2021 di Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia adalah salah satu dari 1.187 lulusan Program Magister yang diwisuda pada akhir April.

Ulfatun, yang berasal dari Jepara, lulus dengan predikat cumlaude setelah menyelesaikan program Magister Sains Akuntansi dalam waktu 1 tahun 10 bulan 24 hari dengan IPK 3.89. Keberhasilannya ini merupakan pencapaian besar dalam hidupnya.

Awalnya, Ulfatun tidak pernah membayangkan bahwa pekerjaan ayahnya sebagai tukang buruh ukir panggilan di Desa Wedelan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah akan membantunya meraih gelar master.

Dilahirkan dan dibesarkan dalam keluarga sederhana, akses Ulfatun ke pendidikan tinggi dianggap sebagai sebuah kemewahan. Ayahnya, Muhlasin (54), adalah tulang punggung keluarga yang satu-satunya dengan pekerjaan sebagai buruh ukir panggilan. Penghasilannya tidak tetap setiap bulan, sedangkan ibunya, Masruroh (48), adalah ibu rumah tangga.

Perjalanan Ulfatun untuk meraih mimpinya tidaklah mudah. Saat akan melanjutkan kuliah ke tingkat sarjana, ia menghadapi penentangan keras dari kedua orang tuanya.

Meski kedua orang tuanya tidak melarangnya untuk kuliah, namun mereka mengingatkan tentang kondisi keuangan keluarga yang pas-pasan sehingga sulit bagi mereka untuk membiayai kuliahnya.

Selain itu, mereka juga masih harus membiayai pendidikan adik Ulfatun.

"Bapak waktu itu tidak memperbolehkan saya lanjut kuliah S1 begitupun ketika mau S2 karena tidak mampu, tidak ada biaya. Namun saya ini tipe anak yang ngeyel jadi terus memberikan pengertian ke orang tua kalau saya kuliah nanti bisa mendapat pekerjaan layak dan membantu menyekolahkan adik," kata Ulfatun dikutip dari laman UGM, Kamis (2/5/2024).

Editor : Sazili Mustofa

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network