Wisata Imlek: 6 Destinasi dan Akomodasi Terbaik

Marsaulina Lumbanraja
Tahun Baru Imlek. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Tahun Baru Imlek tidak hanya menjadi momen untuk merayakan tradisi dan budaya Tionghoa, tetapi juga menjadi kesempatan untuk melepaskan diri sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Short escape selama akhir pekan yang bertepatan dengan tanggal merah di minggu kedua bulan Februari ini menjadi cara yang tepat untuk merayakan Tahun Baru Imlek, serta melepas penat dan menyegarkan tubuh.

Tidak hanya di Indonesia, perayaan Imlek yang penuh kegembiraan juga diselenggarakan di seluruh penjuru dunia. Anda dapat menikmati kesempatan untuk berlibur sejenak ke destinasi domestik seperti Jakarta, Surabaya, atau Singkawang, juga di destinasi internasional seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand.

Berikut rekomendasi 6 akomodasi nyaman untuk memberikan pengalaman menginap yang berkesan selama perayaan Tahun Naga Kayu ini, dari keterangan resmi Tiket.com.

1. Menyatu dengan Kemewahan Urban di Jakarta

Menyegarkan pikiran tidak perlu jauh-jauh karena pada momen istimewa ini, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, selalu merayakan Tahun Baru Imlek yang meriah. Kawasan seperti Pantjoran PIK bisa menjadi destinasi tepat bagi Anda yang ingin berlibur sejenak sambil menikmati kuliner dan hiburan dengan kental suasana khas Imlek.

Anda juga tidak perlu khawatir akan bermacet-macetan di padatnya jalanan PIK karena bisa bermalam di Oakwood PIK Jakarta yang hanya berjarak sekitar 3 menit dari kawasan Pantjoran. Mulai dari Rp 1,4 juta, Anda dapat menikmati penginapan dengan pemandangan kota dan laut, juga menikmati santapan kuliner seperti Mun Kiaw Mien tradisional, Ci Cong Fan, serta kwetiau seafood yang melegenda.

Melengkapi momentum libur di Jakarta, manfaatkan taman bermain indoor Playtopia PIK Avenue maupun mencoba sensasi terbaru dari Playtopia Adventure Senayan Park yang menawarkan berbagai atraksi seru dan interaktif untuk semua usia hanya dengan Rp 145 ribu.

2. Menikmati Kemeriahan dan Kuliner Khas Tiongkok di Surabaya

Mengingat warga Tionghoa merupakan etnis terbanyak ketiga di Surabaya, perayaan Tahun Baru Imlek sangat dinanti masyarakat Kota Pahlawan ini. Tahun ini Surabaya menampilkan perayaan berbeda dari sebelumnya. Ornamen Liong Naga Raksasa sepanjang 20 meter akan dibentangkan di Balai Kota untuk merayakan semangat Tahun Naga dan memeriahkan pergantian tahun pada perayaan lampion hingga Festival Cap Go Meh.

Isi kembali energi untuk berwisata di Surabaya dengan relaksasi di Meiso Tunjungan Plaza Surabaya mulai dari Rp 150 ribu. Setelah sehari penuh beraktivitas, Anda dapat beristirahat di Vasa Hotel Surabaya hanya dengan Rp 1 juta per malam. Hotel ini menyediakan fasilitas penginapan lengkap dengan kolam renang, spa, gym, dan restoran. Dengan begitu, liburan Tahun Baru Imlek di Surabaya akan menjadi kombinasi yang sempurna antara tradisi, hiburan, dan kuliner.

3. Eksplorasi Warisan Budaya di Singkawang

Kota Singkawang, Kalimantan Barat merupakan daerah yang kental akan budaya Tionghoa terutama saat perayaan Tahun Baru Imlek. Mulai dari tradisi pemberian angpao, pertunjukkan barongsai, hingga Festival Cap Go Meh hadir di Singkawang. Selain itu, Festival Cap Go Meh Singkawang juga masuk ke dalam 10 besar Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang dirilis oleh Kemenparekraf RI yang menghadirkan 6.000 lampion menghiasi ruas jalan Kota Singkawang serta spot-spot instagramable.

 

Selain itu, destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk melepas penat sambil merayakan Imlek di Kota Seribu Kelenteng ini, seperti Klenteng Bumi Raya dan Cagar Budaya Rumah Keluarga Tjhia. Untuk menginap, Anda bisa memilih Swiss-Belinn Singkawang yang berlokasi di pusat kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan. Harga menginap di hotel bintang tiga ini mulai dari Rp 500 ribu per malam.

4. Menikmati Malam Penuh Kemeriahan di Singapura

Perayaan Imlek di Singapura tidak kalah meriah dengan di Cina mengingat penduduk yang juga mayoritas adalah etnis Tionghoa. Saat tiba di Singapura, waktu yang tepat adalah langsung mengunjungi Gardens by the Bay. Nikmati suasana Tahun Baru Imlek dengan bentangan lampion di antara taman futuristik dengan tematik maskot Xiaohe dan Naga ‘Wei Long’ dari Sungai Hongbao yang telah menjadi festival kalender event tahunan.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pertunjukan musik, tarian, dan akrobatik yang menghibur pengunjung. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto di depan lampion berbentuk naga sepanjang 18 meter yang menjadi ikon perayaan Imlek di Singapura. Untuk menginap, Anda bisa memilih Hotel Boss yang berlokasi strategis di pusat kota dan dekat dengan stasiun MRT. Harga menginap di hotel bintang tiga ini mulai dari Rp 1,2 juta per malam.

5. Jelajah Budaya di Jantung Kota Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, ibukota Malaysia, juga menjadi salah satu destinasi favorit untuk merayakan Imlek. Anda bisa mengunjungi Chinatown atau Petaling Street yang menjadi pusat perayaan Imlek di Kuala Lumpur. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas Tionghoa, seperti bakpao, bakso, dan dimsum, serta berbelanja oleh-oleh dengan harga terjangkau.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Thean Hou Temple, salah satu kuil terbesar dan terindah di Asia Tenggara. Kuil ini memiliki arsitektur yang menggabungkan gaya Tiongkok, Malaysia, dan Thailand. Di sini, Anda bisa melihat berbagai ornamen dan lampion yang menghiasi kuil, serta berdoa untuk mendapatkan keberuntungan di tahun baru. Untuk menginap, Anda bisa memilih Hotel Sentral Kuala Lumpur yang berlokasi dekat dengan Chinatown dan stasiun KL Sentral. Harga menginap di hotel bintang tiga ini mulai dari Rp 300 ribu per malam.

6. Suasana Otentik Pecinan Bangkok

Bangkok, ibukota Thailand, juga memiliki komunitas Tionghoa yang besar dan merayakan Imlek dengan meriah. Anda bisa mengunjungi Yaowarat Road atau Chinatown Bangkok yang menjadi pusat perayaan Imlek di Bangkok. Di sini, Anda bisa menyaksikan pertunjukan barongsai, kembang api, dan ritual keagamaan, serta menikmati berbagai kuliner khas Tionghoa, seperti mie, bebek panggang, dan kue bulan.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Wat Mangkon Kamalawat, kuil tertua dan terbesar di Chinatown Bangkok. Kuil ini memiliki arsitektur yang megah dan indah, serta menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha, Tao, dan Konfusius. Di sini, Anda bisa melihat berbagai patung, altar, dan lampion yang menghiasi kuil, serta berdoa untuk mendapatkan keberuntungan di tahun baru. Untuk menginap, Anda bisa memilih Shanghai Mansion Bangkok yang berlokasi di jantung Chinatown Bangkok. 

Dengan berbagai pilihan destinasi wisata yang menarik dan akomodasi yang nyaman, merayakan Imlek akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda dan keluarga.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network