Seminar Cyber Education Ungkap Peran Strategis Kecerdasan Buatan dalam Dunia Bisnis

vitrianda
Universitas Siber Indonesia (Cyber University) menggelar seminar Cyber Education dengan tema "Optimizing AI for Business Technology" di Aula Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Universitas Siber Indonesia (Cyber University) menggelar seminar Cyber Education dengan tema "Optimizing AI for Business Technology" di Aula Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Seminar ini menghadirkan Rizki Hesananda, seorang Spesialis Data Scientist, yang memberikan wawasan mendalam terkait peranan kecerdasan buatan (AI) dalam dunia bisnis.

Dalam presentasinya, Rizki menjelaskan bahwa AI merujuk pada pengembangan sistem komputer yang mampu mengeksekusi tugas-tugas yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh manusia. Kemampuan sistem AI untuk belajar, berpikir logis, dan melakukan koreksi sendiri menjadikannya alat yang sangat berharga dalam konteks berbagai bisnis.

"Ada beberapa manfaat penting dari ilmu data (data science) bagi dunia bisnis," kata Rizki. "Antara lain, analisis deskriptif yang melibatkan analisis tren, pola penjualan, dan perilaku pelanggan. Selanjutnya, analisis prediktif yang dapat meramalkan produk populer berdasarkan data historis, dan klasifikasi otomatis untuk mengenali objek dan karakter dalam suatu dataset."

Rizki juga menyoroti bahwa kehadiran AI tidak bertujuan untuk menggantikan pekerjaan manusia, melainkan menjadi alat bantu untuk mempermudah pekerjaan mereka. "Dalam pemikiran saya, AI akan memudahkan pekerjaan manusia dan membuka peluang baru di berbagai sektor bisnis," ujarnya.

Seminar ini sukses menarik perhatian peserta dengan wawasan mendalam yang dibagikan oleh Rizki Hesananda. Peserta seminar mendapatkan pemahaman lebih baik tentang potensi dan dampak positif AI di dunia bisnis.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network