Kisah Detektif Jubun Jalani Profesi Detektif Swasta di Indonesia Lewat Buku Biografinya

Tama
Kisah detektif swasta, Detektif Jubun. Foto: Ist

Suka dukanya menjalani profesi tersebut kemudian ia tuangkan melalui buku biografinya yang diberi judul "The Life of Private Investigator: Sepak Terjang Detektif Jubun" yang dirilis awal tahun 2024 tersebut.

Lewat buku tersebut, Jubun ingin memperkenalkan lebih dekat profesi detektif swasta secara global serta lika-liku menjalankan bisnis jasa penyelidikan tersebut di Indonesia.

Buku tersebut ditulis oleh seorang penulis cerita fiksi kriminal bernama M Fadli, yang juga seorang redaktur di salah satu media nasional di Indonesia. Melalui pertemuan dalam acara penggemar cerita detektif dan kriminal, Fadli mewawancarai Jubun. Keduanya pun saling bertukar pikiran sehingga munculah ide membuat buku tersebut.

"Saya biasanya buat cerita detektif dalam bentuk novel dan cerpen secara fiktif. Kebetulan kali ini membuat buku biografi seorang detektif sungguhan di dunia nyata. Tentunya senang dengan hal tersebut," ungkap jurnalis yang sempat menerbitkan novel "Nostalgia Merah" pada 2018 silam.

Fadli, yang juga menjadi penggagas komunitas Detectives ID, turut berbagi pengetahuannya tentang sejarah profesi detektif swasta di dunia serta landasan hukum aktivitas detektif swasta di Indonesia. Termasuk tantangan serta batasan-batasan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tak boleh dilakukan detektif swasta di Indonesia.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network