Dikunjungi Banyak Grup Pecinta Burung Dunia, Desa Wisata Soinrat Simpan Berbagai Burung Khas Endemik

Novi
Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua dan rombongan didampingi Dewan Juri, tiba di Dermaga/Pantai Desa Wisata Soinrat dan disambut Bupati Muhammad Taher, Dinas serta Forkompimda. Foto: Kemenparekraf RI

Dikenal dengan potensi wisatanya, Ohoi Soinrat ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata di Maluku Tenggara. Dan menjadi satu-satunya Desa Wisata di Maluku Tenggara yang terpilih masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023.

Soinrat memiliki bentang alam yang lengkap, dari bahari, perbukitan, air terjun, aneka ragam burung khas bahkan langka hingga kampung adat yang kental seni budayanya. Tidak hanya itu, hutan desa wisata Soinrat juga menyimpan berbagai burung endemik khas Kepulauan Kei.

Bird Watching

Wisata minat khusus ini dapat ditemukan di Desa Wisata Soinrat. Area hutan yang masih asri menjadi rumah bagi berbagai jenis burung endemik, sehingga menjadi incaran bagi banyak group pecinta burung dunia seperti: Likes Tours, Bird Tour Asia, Bird Guest, Wings Tour, Banking Tour, dan Indecon Tour.

Selain burung-burung endemik juga dapat dijumpai flora dan fauna seperti insect atau serangga yang masuk dalam catatan naturalis Alfred Wallace. Menariknya, ada juga beberapa bird watcher peringkat 10 dunia yang datang berkunjung ke Desa Wisata Soinrat.

Beberapa jenis burung yang sering dicari di Desa Wisata Soinrat yaitu Great Kei White Eye, Kai Island Coucal, Kai Islands Pygmy Parrot, Kei Monarch, dan masih banyak lagi.

Air Terjun Ai Moun Ni Ohoi

Terletak di sebelah Timur Desa Wisata Soinrat. Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter. Berada pada area hutan, untuk mencapai air terjun ini ada beberapa jalur yang bisa ditempuh. 

Debit air di air terjun ini tergantung curah hujan dan akan menjadi sangat deras pada saat musim penghujan dan akan kering pada musim kemarau. 

Jalur pertama adalah "Dalam Kampung" dimana perjalanan dimulai dari area dalam kampung menelusuri sungai dengan waktu tempuh 30 menit. Selain itu ada juga jalur kedua "Wulur Ohoimas" dan Jalur ketiga "Jembatan Satu". 

Banyak spot foto menarik di sepanjang jalan menuju air terjun, banyak juga dijumpai air terjun kecil dengan pemandangan alam yang masih asri dengan hutan bambu dan pepohonan yang tinggi.

Pulau Karodi

Pulau kecil yang berlokasi tepat di depan Ohoi Soinrat ini dapat ditempuh hanya 5 menit dengan speedboat kecil. Pulau ini memiliki pantai berbatu, sabana, dan taman laut yang indah. 

Pulau Karodi telah mengalami abrasi selama bertahun-tahun sehingga bisa dijumpai dinding bebatuan cadas yang tersusun rapi di bagian belakang Pulau Karodi. 

Di Pulau Karodi sudah dibangun beberapa fasilitas berupa toilet dan ruang ganti, kantin, 4 gasebo atau dikenal dengan "Sar" oleh masyarakat lokal, dan beberapa set tempat duduk di seputaran area pantai. Di sekitar Pulau Karodi juga terdapat spot snorkeling.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network