Damkar Depok Miliki Mobil Canggih, Bisa Evakuasi Kebakaran hingga Ketinggian 40 Meter

Rivalino
MobTang atau Mobil Tangga milik Damkar Kota Depok. (Foto: Diskominfo Depok)

DEPOK, iNewsDepok.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok kini memiliki mobil pemadam kebakaran canggih yang bisa melakukan evakuasi kebakaran hingga ketinggian 40 meter. Mobil tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Jepang melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Mobil pemadam kebakaran tersebut berjuluk "MobTang" atau Mobil Tangga. Mobil ini memiliki tangga teleskopik yang bisa dilipat dan ditegakkan hingga ketinggian 40 meter. Tangga ini dilengkapi dengan platform yang bisa digunakan untuk menjangkau korban kebakaran di gedung tinggi.

"Mobil ini digunakan untuk penanggulangan kebakaran di gedung vertikal, kemampuannya bisa mencapai ketinggian 40 meter," kata Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Adnan Mahyudin, dilansir dari laman resmi Pemkot Depok, Kamis (7/12/2023).

Adnan menjelaskan, mobil MobTang dioperasikan oleh regu khusus yang telah dididik secara khusus untuk mengoperasikannya. Regu ini terdiri dari 18 personel dan 3 operator.

"Total ada 21 orang yang sudah dididik khusus," jelasnya.

Mobil MobTang tidak dilengkapi dengan tangki air. Sehingga, saat melakukan evakuasi kebakaran pada gedung tinggi, mobil ini harus didampingi oleh unit suplay water.

Meskipun canggih, Adnan berharap tidak ada kejadian kebakaran pada gedung-gedung tinggi di Kota Depok. Sehingga, ia mengimbau kepada pengelola gedung untuk bersama-sama Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok melakukan sejumlah upaya mitigasi kebakaran.

"Harapannya tidak ada kejadian kebakaran pada gedung tinggi, namun kami tetap bersiaga memberikan pelayanan yang prima dengan penunjang sarana yang sudah memadai," jelasnya.

Mobil MobTang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok dalam menangani kebakaran. Mobil ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan masyarakat di Kota Depok dalam menghadapi bencana kebakaran.

Kecanggihan Mobil MobTang

Berikut ini adalah beberapa kecanggihan mobil MobTang:

Tangga teleskopik yang bisa dilipat dan ditegakkan hingga ketinggian 40 meter
- Platform yang bisa digunakan untuk menjangkau korban kebakaran di gedung tinggi
Dioperasikan oleh regu khusus yang telah dididik secara khusus

Kecanggihan mobil MobTang ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok dalam menangani kebakaran di gedung-gedung tinggi.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network