Hari PPOK Sedunia, Pentingnya Menjaga Kesehatan Paru Sejak Dini

Novi
Hari PPOK Sedunia ke-22 berlangsung pada tanggal 15 November 2023. Tema tahun ini, "Bernapas adalah Kehidupan - Bertindaklah Lebih Awal". Foto: Tangkapan Layar/Novi

“Kita sekarang tahu bahwa ada banyak faktor lain selain merokok tembakau yang dapat berkontribusi pada PPOK dan bahwa PPOK sudah dapat dimulai berproses sejak dini dan bahkan memengaruhi individu muda. Selain itu, sekarang perlu untuk mengidentifikasi kondisi prekursor yang dapat memberikan peluang baru untuk diagnosis dini dan pengobatan yang cepat. Kampanye ini akan berfokus untuk menyoroti pentingnya kesehatan paru sejak dini dan bagaimana kita dapat memperluas cakrawala pencegahan dan pengobatan PPOK dengan bertindak lebih awal,” urai dr. Nurrahmah Yusuf Sp.P(K).

“Hal ini dapat mencakup pencegahan faktor risiko dini, memantau kesehatan paru sejak lahir, mendiagnosis PPOK pada kondisi prekursor, dan memberikan pengobatan dengan segera. Inisiatif untuk mengurangi beban PPOK terjadi di seluruh dunia, termasuk program penghentian merokok, memerangi polusi udara di dalam dan di luar ruangan, serta memeriksa faktor-faktor yang tidak menguntungkan pada masa kanak-kanak. Meskipun saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan PPOK, tindakan untuk mencegah dan meningkatkan kualitas hidup dapat dilakukan dimana saja oleh pemerintah maupun berbagai individu dalam berbagai jenis lingkungan,” papar dr. Nurrahmah.

Ditambahkan Ketua Pokja Bidang Asma & PPOK, Dr. Budhi Antariksa, PhD, Sp.P(K), Pengusaha dapat mengupayakan lingkungan yang aman untuk bernapas, masyarakat dapat menjadi penjaga kebersihan udara yang baik, dan pasien serta keluarga dapat membantu mengadvokasi lebih banyak penelitian dan akses yang lebih baik ke perawatan, termasuk obat-obatan esensial, pemeriksaan fungsi paru rutin ("pemeriksaan paru"), dan perawatan lain seperti akses kesehatan jarak jauh untuk pasien di tempat terpencil.

“Selain itu, Pemerintah sebagai penyedia layanan dan pembuat kebijakan, dapat saling bekerjasama untuk meningkatkan akses terhadap proses diagnostik PPOK, yakni penyediaan spirometri dan mengadvokasi penggunaannya sebagai penanda kesehatan secara umum di semua tahap kehidupan, yang penting tidak hanya untuk diagnosis penyakit pernapasan tetapi juga sebagai penanda kesehatan secara umum,” tandas Dr. Budhi.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network