Angka ODGJ Meningkat, Wanita Ini Dirikan Komunitas Griya Schizofren

Ridha Sofianti
Triana Rahmawati, pendiri Komunitas Griya Schizofren. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Angka Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) meningkat. Seorang wanita asal Surakarta, Triana Rahmawati membuat komunitas bernama Griya Schizofren sebagai gerakan sosial kemanusiaan. Komunitas ini dibentuk dengan tujuan memanusiakan penanganan penderita gangguan jiwa khususnya skizofrenia.

Tria tergugah hatinya membuat komunitas ini berawal dari kurangnya pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap masalah kesehatan mental, membuat banyak ODMK (orang dengan masalah kejiwaan) hidup menggelandang dan terkatung-katung di jalanan.

Dengan alasan tersebut, Tria membuat Griya Schizofren untuk ajak masyarakat perangi stigma ODMK. Tria mengampanyekan bahwa mereka yang memiliki gangguan jiwa membutuhkan kepedulian. Ia ingin anak-anak muda bisa mengubah anggapan tentang mereka yang memiliki gangguan kesehatan jiwa.

"Mereka ini membutuhkan kita. Kita perlu untuk tidak membuat jarak dengan mereka. Kita di sini peduli dan memerhatikan mereka, bukan sebagai psikolog atau dokter, tetapi sebagai teman," ujar Tria yang pernah diundang ke Kobe, Jepang untuk berbicara tentang Griya Schizofren.

Tria Sempat putus asa dan merasa tidak berkembang, namun ia kembali bangkit. Pada tahun 2017 Tria menerima apresiasi SATU Indonesia Awards bidang kesehatan.

Apresiasi tersebut berasal dari Astra yang kemudian membangkitkan semangat Tria untuk terus menghidupkan Griya Schizofren.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network