Ya Ampun, Banyak Remaja Indonesia Masuk Kategori ODGJ dan ODMK.

Elsa P Lumbantoruan
Ilustrasi remaja yang alami gangguan kesehatan mental. Foto : Ist

DEPOK, iNews Depok.id - Kondisi Kesehatan mental remaja Indonesia semakin penuh tantangan. Menurut Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) terbaru, 5,5 persen remaja di Indonesia termasuk dalam kategori ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan sekitar 35 persen remaja masuk kategori ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan), yang artinya rentan mengalami gangguan mental.

Hal ini menunjukkan bahwa remaja saat ini sangat rentan terhadap masalah mental.

Kesehatan mental sangat penting, khususnya di usia remaja yang penuh tantangan. 

Gangguan kecemasan (anxiety disorder) paling umum di antara remaja 10-17 tahun. Sisanya mengalami gangguan depresi mayor, gangguan perilaku, dan gangguan stres pasca trauma. 

Berdasarkan riset tahun 2021 dari Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran, sebanyak 96,4 persen dari hampir 400 remaja yang mereka survei kurang memahami cara mengatasi stres akibat masalah yang sering mereka alami. 

Banyak dari mereka mengkritik layanan kesehatan di Indonesia yang belum tentu menjamin kerahasiaan dan cenderung menghakimi. 

Untuk itu ODGJ dan ODMK seminimal mungkin memiliki teman untuk cerita, karena remaja dengan gangguan mental perlu dukungan lebih dari sekitar. 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network