Bahaya Mencium Bayi secara Sembarangan, Bisa Tulari 5 Penyakit Ini

Marsaulina Lumbanraja
Bahaya mencim bayi sembarangan. bisa tulari 5 penyakit. Foto: Istimewa

Untuk mencegah bahaya mencium bayi sembarangan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Jaga kebersihan diri

Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menyentuh bayi. Jika Anda memiliki luka di bibir atau wajah, tutuplah dengan perban atau masker. Jika Anda sedang sakit atau merasa tidak enak badan, jauhkan diri dari bayi .

2. Batasi kontak fisik dengan bayi

Hindari mencium bayi di area wajah, terutama di mata, hidung, dan mulut. Jika ingin mencium bayi, pilihlah area yang tertutup pakaian, seperti kepala atau kaki . Jangan biarkan orang lain mencium bayi Anda sembarangan, terutama orang asing atau yang tidak dikenal .

3. Imunisasi bayi secara rutin 

Imunisasi dapat memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit infeksi yang berbahaya, seperti TBC, meningitis, dan campak. Ikuti jadwal imunisasi bayi sesuai anjuran dokter dan puskesmas. Jika bayi memiliki riwayat alergi atau penyakit tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan imunisasi .

4. Periksakan bayi secara berkala 

Jika Anda melihat adanya gejala-gejala yang mencurigakan pada bayi, seperti demam, ruam, batuk, atau muntah, segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Jangan mengabaikan atau menunda-nunda perawatan bayi karena bisa berakibat fatal .

Mencium bayi memang menunjukkan rasa sayang dan kasih sayang kita kepada mereka. Namun, kita harus tetap berhati-hati dan bertanggung jawab agar tidak membahayakan kesehatan bayi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat melindungi bayi dari bahaya mencium sembarangan.

Demikian bahaya mencium bayi yang bisa tularkan 5 penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network