Sekda Depok Sidak Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

R Ratna Purnama/Iyung Rizki
Sekda Depok Supian Suri. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Harga sejumlah kebutuhan pokok belakangan ini melonjak. Mulai dari beras hingga komoditas lainnya. Untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok, Satgas Ketahanan Pangan Kota Depok melakukan inspeksi medadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional. Salah satu lokasi yang disambangi adalah Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Depok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri memimpin sidak pagi tadi. Dari hasil sidak diketahui sejumlah komoditas memang mengalami kenaikan harga. Misalnya harga beras medium dari harga Rp 9.000 per liter menjadi Rp11.000 per liter.

“Terus harga cabai naik, beras medium dan premium juga. Kalau telur turun, sedangkan daging relatif stabil ya,” kata Supian atau akrab disapa SS, Selasa (17/10/2023).

Saat sidak, SS melakukan interaksi dengan para pedagang. Dia bahkan memborong beberapa kebutuhan dapur, seperti cabai merah, tomat, telur ayam ras, daging, dan bahan pokok lainnya.

“Jadi kegiatan hari ini sidak monitor kondisi inflasi terhadap harga pangan. Tadi ada beberapa komoditas yang dicek, seperti daging, beras, cabai kita lihat ketersediaannya, sehingga bisa memutuskan upaya atau langkah apa yang akan diambil ke depannya,” ujarnya.

Alumni IPDN itu menambahkan, kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok ini disebabkan berkurangnya produksi akibat fenomena El Nino yang melanda sejumlah daerah. Pihaknya sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga stabilisasi harga dan inflasi.

“Alhamdulillah kami sudah berkomunikasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk melakukan upaya perhatian terhadap kondisi ini,” ungkapnya.

Walaupun harga komoditas sejumlah kebutuhan pokok mulai naik, namun hal itu tidak mempengaruhi daya jual beli masyarakat. Hal itu terlihat dari jumlah pengunjung pasar tradisional yang masih cukup ramai.

“Selain itu kita juga punya stok beras 35 ton yang disimpan di Bulog, nanti akan minta arahan Pak Wali Kota apakah stoknya harus diturunkan atau bagimana. Stok ini untuk mendukung warga, khususnya bantuan pangan kota,” katanya.

Pria asli Depok itu berharap kondisi alam bisa segera membaik. Sehingga harga kebutuhan pokok kembali normal.

“Mudah-mudahan cuaca bisa kembali bagus lagi, sehingga hasil panen jadi normal lagi,” pungkasnya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network