Inilah 7 Manfaat Jus Lemon Bagi Kesehatan, Meski Bagus Perhatikan Batasan Konsumsi

Kartika
Inilah 7 manfaat jus lemon bagi kesehatan yang perlu diketahui. Foto ilustrasi: Freepik/Racool_studio
  1. Meningkatkan fungsi pencernaan

Jus lemon baik untuk sistem pencernaan, karena mengandung asam sitrat yang dapat meningkatkan sekresi asam lambung. Yakni cairan pencernaan yang diproduksi tubuh di perut untuk membantu memecah dan mencerna makanan.

  1. Mencegah anemia

Bila sering merasa lelah dan sesak napas bisa jadi gejala anemia. Anemia disebabkan ketika sel darah merah tidak mampu menerima cukup oksigen dalam aliran darah.

Jus lemon mengandung Vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi dan dapat membantu tubuh memulihkan zat besi. Penelitian telah menemukan bahwa jus lemon dapat membantu mencegah anemia.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Lemon mengandung tinggi serat, yang membantu mengontrol kadar kolesterol dan memungkinkan darah mengalir bebas ke arteri. Hal ini mengurangi kemungkinan penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa jus lemon kaya akan Vitamin C, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Batasan Konsumsi Jus Lemon

Meski jus lemon bermanfaat bagi kesehatan, tetapi tidak dianjurkan konsumsi terlalu banyak. Perhatikan batasan konsumsi jus lemon.

Untuk mendapatkan manfaat jus lemon, Dr. Sharma merekomendasikan 2-3 lemon per hari untuk jus lemon. Konsumsi jus lemon dapat membantu memperkuat tubuh dan tulang, meningkatkan kesehatan mulut, mencegah anemia, serta membantu meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

Secara umum jus lemon aman dikonsumsi, tetapi pada beberapa oran mungkin tidak cocok. Ada beberapa efek samping dengan konsumsi jus lemon, antara lain:

  1. Mereka yang alergi buah jeruk sebaiknya menghindari minum jus lemon dan waspadai tanda-tanda alergi.
  2. Penderita migrain juga sebaiknya menghindari minum jus lemon.
  3. Dapat memperburuk masalah perut karena sifatnya yang asam.
  4. Karena sifatnya yang asam maka bisa mengikis enamel gigi yang menyebabkan kerusakan gigi.

Demikianlah penjelasan mengenai 7 manfaat jus lemon bagi kesehatan yang perlu diketahui, berikut batasan konsumsi jus lemon yang aman.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network