Konsisten Teliti Pisang, Prof. Fenny, Penerima Indofood Riset Nugraha Dikukuhkan jadi Guru Besar ITB

Novi
Prof. Dr. Fenny Martha Dwivany, S.Si, M.Si., bersama dengan Tim Pakar IRN dalam acara Orasi Ilmiah Guru Besar ITB. Foto: Ist

Pangan fungsional diangkat sebagai tema IRN tahun ini

Secara umum, pengertian pangan fungsional adalah sumber pangan yang tidak hanya berperan sebagai sumber energi dan gizi, tetapi juga mempunyai khasiat tertentu yang dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat.

“Bagi teman-teman mahasiswa yang telah menyiapkan proposal penelitiannya, kami masih membuka pendaftaran hingga 30 Juli 2023. Yuk, manfaatkan peluang ini,” ajak Indra.

Prof. Dr. Fenny Martha Dwivany, S.Si, M.Si., memberikan presentasi tentang proses memperpanjang umur simpan pisang. Foto: Ist

 

Setiap mahasiswa yang ingin mengikuti program ini harus mengirimkan proposal penelitiannya ke alamat email: Indofoodrisetnugraha@indofood.co.id paling lambat 30 Juli 2023. Syarat lainnya adalah jangka waktu penelitian paling lama 1 (satu) tahun, menyertakan riwayat hidup lengkap mahasiswa dan dosen pembimbing serta penelitian dilakukan di Indonesia. Syarat dan kententuan administrasi lainnya bisa dilihat pada buku panduan di website IRN yakni www.indofoodrisetnugraha.com.

Objek penelitiannya adalah sumberdaya pangan darat seperti jagung, gandum, pisang, kelapa, kedelai, sagu, rempah-rempah, daging, susu, aneka umbi, dan komoditas pangan lokal lain sesuai budaya dan kearifan lokal. Selain itu, sumberdaya pangan laut juga termasuk objek penelitian diantaranya ikan, rumput laut, dan lain sebagainya.

Cakupan bidang penelitian meliputi bidang Teknologi Pangan, bidang Gizi Masyarakat, bidang Budidaya Pertanian, bidang Peternakan, bidang Perikanan dan Sumberdaya Kelautan, bidang Sosial, Budaya, Ekonomi dan Pemasaran, serta bidang Teknologi (Teknologi produksi, pengolahan, pengemasan, teknologi permesinan, termasuk teknologi informasi dan teknologi pemasaran).

Proses berikutnya adalah seleksi administratif dan seleksi substansi yang dilakukan secara daring. Pengumuman penerima dana IRN akan dilakukan pada September 2023.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network