Polisi yang Bonceng Maling HP Bak Bapak dan Anak, Ternyata Polisi Teladan di Depok

Tama
Aksi polisi yang membawa maling hp dengan cara dibonceng di depan seperti seorang bapak membawa anak. Foto: Tangkapan layar Instagram medsos

DEPOK, iNewsDepok.id - Setelah video viral penangkapan pencuri telepon seluler (HP) yang ditangkap dan dibonceng polisi, bagaikan bapak dan anak di Depok, pada Senin (17/7/2023). Ternyata, polisi yang menangkap maling tersebut berpredikat sebagai polisi teladan di Kota Depok.

Video saat maling diangkut polisi tersebut membuat viral setelah diunggah di laman Instagram milik @depok24jam. Pasalnya polisi yang diketahui bernama Aiptu Subendi tersebut, mengangkut maling dengan menaruhnya di depan, persis seperti seorang bapak membawa anaknya yang masih kecil.

Diketahui, Aiptu Subendi merupakan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cinere, Depok.

Kapolsek Cinere, Kompol Jun Nurhaida Tampubolon membenarkan bahwa anggotanya tersebut yang mengamankan maling ponsel.

"Ya sudah diamankan maling HP. Diamankan oleh Pak Bendi," kata Kompol Jun Kepada iNews Depok, Senin (17/7/2023).

Peristiwa itu terjadi di Jalan Pangkalan Jati II RT.02/06, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Kota Depok. Dengan pelaku pencurian berinisial YS (39), warga Kecamatan Pondok Gede, Bekasi.

Kompol Jun menjelaskan, peristiwa pencurian ponsel tersebut terjadi pada hari Minggu (16/7/2023), saat pelaku YS usai membeli sarapan. Saat YS melintasi salah satu rumah kontrakan yang pintunya tidak tertutup, pelaku masuk ke dalam rumah dan menggasak ponsel milik korban Dede Suprayitno.

"Awalnya pada hari Minggu, tanggal 16 Juli 2023 sekira pukul 07.00 WIB, pelaku pergi mencari sarapan pagi, kemudian selesai membeli sarapan dan melintas di salah satu rumah kontrakan di Jl. Pangkalan Jati II, RT 002/006 Kel. Pangkalan Jati Kec. Cinere Kota Depok, saat itu pelaku melihat pintu pagar rumah kontrakan dalam keadaan terbuka, dan di salah satu rumah kontrakan tersebut pintunya tidak tertutup," kata Kompol Jun.

"Karena situasi saat itu dalam keadaan sepi selanjutnya pelaku masuk ke dalam ruang tamu kontrakan dan mengambil satu unit HP yang berada di atas meja," imbuhnya.

Pelaku selanjutnya berencana menjual ponsel tersebut di akun Facebook miliknya. Ponsel tersebut dijual seharga Rp700 ribu kepada pembeli.

Selanjutnya, pelaku yang juga saat itu tinggal di Cinere, tiba-tiba didatangi warga yang curiga kepada gerak-gerik pelaku, yang rupanya aksinya sempat terekam kamera pengawas (CCTV) milik warga.


YS pelaku pencurian ponsel di Cinere. Foto: Ist

"Pada siang harinya ketika pelaku sedang membeli makan di Warteg Parahyangan datang seorang laki-laki dan bertanya kepada pelaku sambil menunjukan rekaman CCTV," kaya Kompol Jun.

Warga curiga lantaran, YS diduga identik dengan pria yang sempat terekam di rekaman kamera pengawas milik warga.

"Sampai akhirnya banyak orang datang, hingga akhirnya pelaku mengakui jika orang yang berada di rekaman CCTV ialah pelaku (YS)," imbuh Kompol Jun.

Mendengar laporan warga, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cinere, Aiptu Subendi tiba di lokasi dan mengamankan pelaku pencurian ponsel. Polisi membawa pelaku ke Polsek Cinere untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Sementara itu, Aiptu Subendi menjelaskan, penangkapan pencuri tersebut berhasil diamankan lantaran warga yang gusar, karena wilayah Kelurahan Pangkalan Jati sering terjadi kasus pencurian, khususnya pencurian kendaraan bermotor. Hingga akhirnya warga berinisiatif memasang kamera CCTV di sejumlah titik lokasi.

"Menindaklanjuti sering terjadinya curanmor di wilayah Kelurahan Pangkalan Jati, Bhabinkamtibmas beserta para tokoh masyarakat RT dan RW bersepakat untuk memasang CCTV yang ada di jalan dan pertigaan khususnya RW 07. Lalu terpasang 38 titik di wilayah RW 07 Kelurahan Pangkalan Jati," kata Aiptu Subendi.

Perlu diketahui, Aiptu Subendi ini lah yang viral sempat membawa pencuri ponsel yang dibonceng di sepeda motor.

Bahkan, Aiptu Subendi mendapat predikat sebagai Sosok Polisi Teladan di Tingkat Polres Metro Depok 2023, sebagai Polisi Bhabinkamtibmas Teladan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kasdim 0508/Depok Letkol Inf M.Digdoyo. B, di Lapangan Kodim 0508 Depok, Senin (17/7/2023).

"Alhamdulillah dapat predikat Bimas teladan se-Polres Metro Depok, terima kasih doa dan dukungannya," imbuhnya.


Aiptu Subendi (tengah) saat upacara penghargaan Polisi Teladan se-Polres Metro Depok. Foto: Ist


Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network