10 Kebiasaan Buruk yang Hancurkan Ketenangan Pikiran, Tanpa Disadari Sering Dilakukan

Kartika
Ketahui 10 kebiasaan buruk yang hancurkan ketenangan pikiran setiap hari. Foto ilustrasi: Freepik/jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Ketahui 10 kebiasaan buruk yang hancurkan ketenangan pikiran setiap hari. Kebiasaan buruk tersebut tanpa disadari kerap dilakukan sehari-hari.

Ketenangan batin merupakan hal yang sangat penting, terutama pada saat terlalu banyak tekanan dan stres. Tapi beberapa kebiasaan buruk berikut ini tidak akan membuat kita tenang.

Adalah sulit untuk memiliki pikiran yang damai dengan begitu banyak hal yang terjadi. Masalah pekerjaan, uang, kesehatan, dan keluarga dan lain-lain dapat mencuri ketenangan.

Untuk mencapai ketenangan pikiran beberapa orang melakukan meditasi atau yoga, tapi masih ada lagi yang harus dilakukan untuk itu. Sebaiknya mulai menemukan kebiasaan buruk yang membuat seseorang tidak menemukan ketenangan pikiran.

Setelah mengetahui kebiasaan buruk yang menghancurkan ketenangan pikiran, maka bersiapkan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Bagaimanapun ketenangan pikiran sangat penting untuk kesehatan mental.

Ketahui, bahwa pikiran negatif dapat berbahaya bagi ketenangan pikiran. Melansir dari Health Shots, Aishwarya Raj, psikolog klinik yang berbasis di Gurugram menjelaskan mengenai kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan, karena kebiasaan tersebut tidak baik bagi ketenangan jiwa.

Ketenangan pikiran adalah keadaan di mana ada ketenangan batin, ketenangan dan kebebasan dari gangguan mental atau emosional. Ini adalah rasa puas dan harmoni dalam diri, di mana kekhawatiran, kecemasan dan tekanan dimnimalkan atau dikelola dengan baik.

Menurut ahli, ketenangan pikiran seringkali melibatkan pola pikir positif, hadir pada saat ini, serta merasakan kepuasan dan keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan.

Lantas apa saja kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggalkan? Berikut ini 10 kebiasaan buruk yang hancurkan ketenangan pikiran, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Health Shots pada Jumat (23/6/2023):

10 Kebiasaan Buruk

  1. Mengenang masa lalu

Terus memikirkan kesalahan masa lalu, penyesalan atau pengalaman negatif dapat membuat pikiran terjebak dalam siklus negatif. Ini mencegah seseorang untuk sepenuhnya fokus pada saat ini dan menemukan kedamaian.

  1. Mengkhawatirkan masa depan

Terus-menerus mengkhawatirkan apa yang mungkin terjadi di masa depan dapat menimbulkan kecemasan dan stres, serta menghilangkan ketenangan pikiran. Ahli mengatakan meski penting merencanakan dan mempersiapkan masa depan, kekhawatiran berlebihan tentang hal-hal di luar kendali bisa berbahaya.

  1. Terlalu banyak berpikir

Menganalisis situasi secara berlebihan, berpikir berlebihan, memutar ulang percakapan atau peristiwa berulang kali dalam pikiran dan membuat skenario hipotesis dapat menyebabkan kelelahan mental dan kegelisahan. Sulit untuk menemukan kedamaian saat pikiran terus berputar-putar.

  1. Menyimpan dendam

Menyimpan dendam, kebencian atau kemarahan terhadap orang lain dapat menghabiskan enegri mental dan emosional. Hal tersebut membuat emosi negatif tetap hidup sehingga sulit untuk mendapatkan ketenangan pikiran.

  1. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Seseorang mungkin memiliki kelebihan maupun kekurangan dibanding kita. Tetapi membandingkan diri sendiri dengan orang lain, terutama dalam hal prestasi, harta atau status sosial dapat membuat kita merasa tidak mampu dan tidak puas.

  1. Mencari validasi orang lain

Terlalu mengandalkan validasi eksternal untuk sebuah harga diri dapat membuat kita merasa tidak aman dan cemas mengenai pendapat orang lain. Menemukan kedamaian pikiran membutuhkan penanaman penerimaan diri dan validasi diri.

  1. Mengabaikan perawatan diri

Mengabaikan kesejahteraan fisik, mental dan emosional dapat menyebabkan stres, kelelahan dan kurangnya kedamaian.

  1. Multi-tasking secara berlebihan

Melakukan banyak tugas itu baik, tetapi mencoba menangani terlalu banyak tugas secara bersamaan dapat memengaruhi fokus, meningkatkan stres dan menghambat produktivitas. Penting menemukan keseimbangan dan memprioritaskan tugas untuk menjaga ketenangan dan kejelasan.  

  1. Menjadi terlalu kritis terhadap diri sendiri

Terlibat dalam self-talk negatif, banyak berfokus pada kekurangan diri atau menetapkan ekspektasi yang tidak realistis dapat mencuri ketenangan pikiran.

  1. Kekacauan dan disorganisasi

Tinggal atau bekerja di lingkungan yang berantakan dan tidak teratur dapat menyebabkan kekacauan mental dan stres. Lakukan latihan mindfulness dan meditasi untuk menenangkan pikiran, meningkatkan kesadaran diri, dan meningkatkan kedamaian batin.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional. Sangat penting untuk menemukan ketenangan pikiran. Karena itu, kenali dan atasi sumber stres dalam hidup.

Demikianlah penjelasan mengenai 10 kebiasaan buruk yang hancurkan ketenangan pikiran setiap hari.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network