Goodbye Cortana! Microsoft Hentikan Dukungan untuk Windows Akhir Tahun Ini

Rigel Ali
Cortana, aplikasi asisten virtual Microsoft, akan dihentikan dukungannya oleh Microsoft mulai akhir tahun ini. Foto: BleepingComputer

JAKARTA, iNewsDepok.id - Microsoft akan menghentikan dukungan untuk Cortana di Windows 10 dan Windows 11. Dikutip dari Windows Central, perusahaan raksasa itu dalam situs halaman dukungannya mengatakan akan melakukan hal tersebut mulai akhir tahun ini.

Tidak heran jika Cortana akan ditelantarkan oleh Microsoft. Sebab pada Mei lalu, Microsoft mengumumkan fitur Windows Copilot, yaitu asisten komputer bertenaga AI yang dapat membantu pengguna Windows 11 dalam melakukan pekerjaannya. Copilot juga telah diprediksi akan menggantikan Cortana nantinya.

Microsoft meluncurkan Cortana untuk Windows 10 pada 2015 lalu, memungkinkan pengguna mengatur pengingat, membuka aplikasi, dan bertanya menggunakan perintah suara. Sejak itu, Microsoft perlahan menyembunyikan Cortana dari Windows, terutama saat Windows 11 rilis. Mereka juga mematikan aplikasi Cortana untuk iOS dan Android pada 2020.

Tidak ada penjelasan tentang kapan Microsoft akan menghapus Cortana dari Windows secara penuh. Tetapi Microsoft kini sangat gencar dalam mengembangkan tools AI mereka, seperti chatbot Bing dan Microsoft 365 Copilot. Meski akan hilang dari Windows, Microsoft menyebutkan Cortana akan tetap tersedia di aplikasi Outlook mobile, Microsoft Teams mobile, tampilan Teams, dan ruang Teams.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network