Aksi 5 Anak Muda dari Bandung Bersihkan Pantai Terkotor di Indonesia

Dhodi
Pandawara Group, sekelompok anak muda yang memiliki kegiatan bersih-bersih sampah. Foto: Instagram @pandawaragroup.

DEPOK, iNewsDepok.idPantai Teluk di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten mendapat julukan sebagai pantai terkotor di Indonesia.

Hal itu dikarenakan banyaknya tumpukan sampah yang memenuhi sepanjang pesisir pantai. Tumpukan sampah tersebut berasal dari kebiasaan warga setempat yang setiap hari membuang sampah langsung ke laut. Kebiasaan ini pun sudah dilakukan sejak lama, karena di daerah tersebut tidak ada tempat pembuangan sampah

Kondisi pantai yang jorok tersebut mengundang perhatian sekelompok anak muda yang tergabung dalam Pandawara Group. Pandawara Group sendiri dikenal sebagai kelompok anak muda yang sering melakukan kegiatan bersih-bersih sampah.

Kegiatan membersihkan sampah di Pantai Teluk tersebut, sebelumnya diumumkan lewat unggahan video di akun resmi Instagram @pandawaragroup.

“Butuh bantuan, buat ngurangin itu semua.. kita tunggu siapapun yang mau datang besok pagi di Pantai Labuan, desa Teluk, kecamatan Labuan, kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten!” tulis Pandawara Group diunggahan videonya, Minggu (21/05/2023).

Ajakan bersih-bersih sampah itupun mendapat respon positif dari masyarakat Pandeglang dan berbagai komunitas.

Pada Senin (22/05/2023) di hari dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih sampah, tampak ratusan orang datang untuk bergabung membersihkan sampah di Pantai Teluk. Mulai dari pelajar sekolah, perangkat desa, kecamatan, sampai dengan Pemda Pandeglang dan Pemprov Banten.

Kegiatan bersih-bersih sampah dimulai pada pukul 09.00WIB. Setiap orang yang ikut kegiatan tersebut diberikan sarung tangan dan kantong plastik untuk menampung sampah.

Dan dengan sigap mereka langsung turun ke tepi pantai memunguti sampah-sampah dan memasukan ke dalam kantong plastik. Tidak membutuhkan waktu lama, kantong-kantong plastik yang berisikan sampah sudah terkumpul di satu titik.

Kantong plastik berisikan sampah tersebut kemudian diangkut dengan dump truk yang disediakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Pandeglang.

Sebagai info, Pandawara Group adalah sekelompok anak muda asal Bandung yang terdiri dari Rafli Pasya (22), Agung Permana (22), Gilang Rahma (22), Muchamad Iksan (21), dan Rifki Sa'dullah (22). Mereka berlima adalah sahabat yang berasal dari SMA yang sama dan sama sama memiliki kepedulian terhadap masalah sampah.

Pandawara Group mulai dikenal publik, usai kegiatan bersih-bersih sampah yang mereka lakukan sejak Agustus 2022 lalu viral di berbagai media sosial.

Aksi rutin bersih-bersih sampah yang mereka lakukan, berawal dari rasa jengkel terhadap tempat tinggal mereka di Kopo Kota Bandung yang kerap terkena banjir. Dari kejadian itu, mereka kemudian berinisiatif untuk membersihkan sampah di sungai sekitar tempat tinggal mereka.

Dan kegiatan tersebut berlanjut ke berbagai daerah di luar Kota Bandung. Bahkan mereka pernah melakukan aksi bersih bersih di Pantai Loang Baloq Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network