Keutamaan Membaca Asmaul Husna dalam Surat Al-Hasyr Ayat 22-24

Kastolani Marzuki/Nabilla Maharani Putri
14 bacaan Asmaul Husna dalam surah Al-Hasyr ayat 22-24 yang dianjurkan untuk dihafalkan. Foto: Freepik.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Asmaul Husna banyak disebutkan dalam Al-Quran. Salah satunya dalam Surah Al-Hasyr ayat 22-24. Surat Al-Hasyr berarti: Pengusiran. Surat ini termasuk surat Madaniyyah, atau diwahyukan di Kota Madinah, dengan jumlah 24 ayat. Surat ini turun sesudah surah Al-Bayyinah.

Asmaul Husna adalah kumpulan sifat-sifat baik Allah yang mencerminkan kebesaran dan keagungan-Nya. Asmaul Husna terdiri dari dua kata, yaitu Asma yang berarti sifat-sifat atau nama-nama, dan Husna adalah terbaik.

Dalam hadits disebutkan keutamaan menghafal Asmaul Husna dalam Surat Al-Hasyr ayat 22-24 tersebut. Rasulullah SAW bersabda:

، عَنْ مَعقِل بْنِ يَسَارٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "من قَالَ حِينَ يُصْبِحُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ: أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ، ثُمَّ قَرَأَ ثَلَاثَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْحَشْرِ، وَكَّل اللَّهُ بِهِ سَبْعِينَ أَلْفَ مَلَكٍ يُصَلُّونَ عَلَيْهِ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ مَاتَ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ مَاتَ شَهِيدًا، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي كَانَ بِتِلْكَ الْمَنْزِلَةِ

Artinya: Dari Maqal Ibnu Yasar, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: "Barang siapa yang mengucapkan doa ini di waktu pagi hari sebanyak tiga kali, yaitu "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk," kemudian membaca tuga ayat dari akhir surah Al-Hasyr, maka Allah memerintahkan kepada 70.000 malaikat untuk memohonkan ampunan baginya hingga petanghari. Dan jika ia mati di hari itu, maka ia mati sebagai Syahid. Dan barang siapa yang mengucapkannya di kala petang hari, maka ia beroleh kedudukan yang seperti itu. (HR. Turmuzi)

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network