Unik! Inilah 4 Masjid Pink Tercantik di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Juga Lho

Cita Najma/Kartika
Inilah 4 masjid pink tercantik di dunia, di antaranya Masjid Putrajaya di Malaysia ini. Foto: Malaysia Travel

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 4 masjid pink tercantik di dunia. Penampilan masjid ini tentunya menarik perhatian karena berbead dengan tampilan masjid pada umumnya.

Sebagaimana diketahui, masjid merupakan tempat ibadah suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebagai tempat ibadah, masjid tentunya memiliki arsitektur yang khas.

Arsitektur dan warna masjid umumnya memberikan kesan tenang dan khusyuk saat berbeda. Tetapi ada juga masjid yang justru tampil berbeda dari masjid lain.

Masjid unik berwarna pink tidak hanya cantik dipandang mata, tetapi juga menjadi tempat ibadah yang cukup popular di kalangan wisatawan. Lantas apa saja masjid pink tercantik di dunia?

Berikut ini 4 masjid pink tercantik di dunia, seperti dilansir dari laman Iran Front Page, pada Jumat (5/4/2023):

4 Masjid Pink Tercantik di Dunia

  1. Masjid Putrajaya, Malaysia 


Masjid Putrajaya, Malaysia. Foto: Malaysia Travel

Masjid pink tercantik di dunia salah satunya adalah Masjid Putrajaya, Malaysia. Masjid dengan warna menarik ini mengusung konsep layaknya masjid di Timur Tengah dengan kaligrafi cantik.

Masjid Putrajaya Malaysia ini dibangun pada tahun 1997. Nama masjid ini diambil dari nama anak perdana menteri Malaysia yaitu Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj.

Dengan luas 1,37 hektare, Masjid Putrajaya Malaysia ini mampu menampung sampai 15 ribu jamaah.

  1. Masjid Raya An-Nur, Indonesia


Masjid Raya An-Nur Bintan, Kepulauan Riau. Foto: bintankab.go.id

Masjid pink tercantik di dunia salah satunya ada di Indonesia. Tepatnya Masjid Raya An-Nur yang berada di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Masjid yang disebut juga masjid pink ini menjadi ikon Kabupaten Bintan.

Masjid berwarna pink cerah ini dibangun oleh mantan Bupati Bintan yaitu Ansar Ahmad tahun 2009.

Keindahan masjid ini menjadi destinasi wisata religi umat islam. Arsitektur Masjid Raya An-Nur mengadopsi gaya masjid di Timur Tengah.

Dari beberapa sisi Masjid Raya An-Nur mirip dengan Taj Mahal dengan kubah besar. Ornamen kaligrafi dan sentuhan emas membuat masjid terlihat lebih megah.

  1. Masjid Nasir Al-Mulk, Iran


Masjid Nasir Al-Mulk Iran. Foto: Visit Iran

Masjid tercantik di dunia lainnya adalah Masjid Nasir Al-Mulk di Iran. Masjid Nasir Al-Mulk merupakan tempat ibadah terpopuler di dunia.

Kemasyurannya tidak hanya dari arsitekturnya, tetapi juga interior warna pink menambah kesan keindahan. Permainan cahaya dari jendela-jendela masjid mampu memikat hati siapapun yang melihatnya.


Masjid Nasir Al-Mulk Iran. Foto: Visit Iran

Masjid Nasir Al-Mulk berdiri antara tahun 1876 dan 1888 pada dinasti Qajar. Pendiri masjid ini adalah bangsawan Shiraz bernama Mirza Hassan Ali Nasir-ol-Mulk.

Meski sudah 150 tahun berdiri, masjid pink tercantik di dunia ini tetap memiliki banyak pengunjung.

  1. Masjid Dimaukom, Filipina


Masjid Dimaukom Filipina. Foto: mymindanao.com

Filipina memiliki masjid unik yang identik dengan warna pink yakni Masjid Dimaukom. Warna pink ini mendominasi setiap bagian masjid, mulai dari gerbang, tembok, sampai kubahnya.

Masjid pink ini dibangun pada tahun 2011 dan resmi dibuka pada tahun 2014, tepatnya di bulan Ramadan. Masjid ini berlokasi di Datu Saudi-Ampatuan, Maquindanao, Filipina.

Adapun nama Masjid Dimaukom diambil dari nama wali kota Datu Saudi Ampatuan, yaitu Samsodin Dimaukom.

Warna pink menjadi pilihan warna masjid karena melambangkan perdamaian, toleransi, dan rasa cinta kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan sesama manusia. Menariknya, pekerja yang membangun masjid ini berasal dari kalangan non-muslim.

Itulah 4 masjid pink terindah di dunia, yang salah satunya ada di Indonesia. Mana yang paling cantik?

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network