Hanya Lulusan SD Pria Asal Kalimantan Ini Sukses Berbisnis Kuliner di Amerika, Punya 3 Restoran

Viola Triamanda/Kartika
Koko Apung, pria lulusan SD asal Kalimantan yang sukses berbisnis kuliner di Amerika Serikat, saat ini memiliki 3 restoran di sana. Foto: Instagram Koko Apung

DEPOK, iNewsDepok.id - Kesuksesan Apung atau yang biasa disebut Koko Apung sangat menginspirasi. Pria asal Pemangkat, Kalimantan Barat ini hanya lulusan Sekolah Dasar (SD), namun sukses menjadi pengusaha kuliner di Amerika Serikat (AS).

Kisah inspiratif ini menceritakan kesuksesan Apung atau yang akrab disapa Koko Apung menjadi pengusaha kuliner di Amerika Serikat (AS). Pria asal Pemangkat, Kalimantan Barat ini menjadi pengusaha

Saat ini Koko Apung memiliki 3 restoran di di Alhambra, Los Angeles, Amerika Serikat, sebuah kawasan warga Asia. Restoran milik Apung bernama Borneo Kalimantan Cuisine.

Apung hijrah ke Amerika Serikat pada tahun 2001. Tepatnya tiga bulan sebelum serangan 11 September 2001 yang terjadi di Negeri Paman Sam tersebut.

Awalnya, Apung hijrah ke Amerika Serikat bukan untuk bekerja atau berbisnis. Saat itu, Apung ke AS untuk menghindar dari masalah keluarga.

"Awalnya saya di Indonesia, tapi kemudian ada masalah dan saya pindah ke sini atau bahasa kasarnya kabur," ucap Apung, seperti dikutip dari YouTube Channel Anak LA, pada Sabtu (29/4/2023).

Apung mengatakan pelariannya bertujuan untuk tinggal di Amerika dan hidup di sana. Namun, seiring berjalannya waktu Apung yang tidak memiliki siapa-siapa kemudian berusaha mencari komunitas masyarakat Indonesia.

Setelah mengenal beberapa orang di sana, Apung lalu mencari kerja dan memulai pekerjaannya sebagai karyawan restoran. 

"Jadi awalnya saya magang gitu, istilahnya karena ngegantiin pegawai lain yang libur panjang," ujarnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network