Awas Wabah Meningitis 35 Orang di Meksiko Meninggal

Tanaka GomGom Sitinjak
Meningitis, penyakit mematikan yang menyebabkan kematian di Meksiko. Foto: Tangkap Layar Internet

DEPOK, iNewsDepok.id - Sejumlah orang dilaporkan meninggal dunia akibat wabah meningitis misterius di Meksiko. Pejabat di negara tersebut melaporkan, total kematian akibat wabah misterius ada sebanyak 35 orang, pada Selasa (7/2/2023).

Karena masih banyaknya masyarakat yang awam mengenai apa sih itu Meningitis?, Apa penyebabnya? Dan bisa menyerang siapa saja jika terjadi ?. Kami sudah siapkan beberapa penjelasan yang akan membantu anda sekalian untuk lebih mewaspadai penyakit ini agar terhindar dan mampu menilai lebih awal mengenai gejala penyakit ini.

Apa Itu Meningitis?

Dalam sejumlah sumber yang tertera, dijelaskan meningitis merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan adanya peradangan pada meningen, yaitu sebuah lapisan pelindung otak dan saraf tulang belakang. Meningitis kadang sulit untuk dikenali, karena penyakit ini memiliki gejala awal yang serupa dengan flu, seperti demam dan sakit kepala.

Apa Penyebab Meningitis?

Dijelaskan meningitis atau radang selaput otak bisa disebabkan oleh infeksi, virus, jamur, atau bahkan parasit. Selain itu, ada beberapa kondisi tertentu yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini, seperti melemahnya daya tahan tubuh, juga dapat memicu adanya meningitis dalam tubuh kita.

Jenis masyarakat seperti apa yang beresiko terkena meningitis?

Semua orang dari segala kelompok usia ternyata bisa berisiko terjangkit meningitis, termasuk bayi sekalipun. Jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, meningitis dikhawatirkan dapat memburuk, dan memicu penyakit lain seperti, kejang, gagal ginjal, atau bahkan menyebabkan kematian.

Pengenalan Lebih Lanjut Gejala Meningitis 

Meski dikatakan gejala awalnya mirip dengan flu, namun meningitis masih dapat dikenali lebih awal, karena saat flu atau demam terjadi, bisa saja disertai dengan kejang, kaku pada leher, dan untuk bayi dibawah dua tahun dijelaskan ditandai dengan adanya kemunculan benjolan dikepala. 

Jika kalian atau saudara disekitar anda mendapatkan gejala atau kondisi yang sama dengan penjelasan diatas, anda sudah boleh memeriksakannya kepada dokter yang anda percayai agar penyakit atau kemungkinan meningitis ini bisa anda obati sebelum semakin parah.

Cara Mencegah Meningitis 

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga bisa berperan aktif untuk mengurangi meningitis disekitar kamu loh, karena meningitis juga dijelaskan dapat dipicu oleh sebuah infeksi kuman atau efek samping obat. Oleh karena itu mari kita sama-sama jaga kebersihan diri dan lingkungan kita serta memperhatikan pasokan makanan atau obat yang masuk ke tubuh kita agar kita bisa terhindar dari penyakit meningitis ini.

Nah, mari kita semua saling mengingatkan dan menjaga diri kita masing-masing agar dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini, dengan menjaga sudah pasti lebih baik, mari kita semua saling bersinergi untuk kehidupan yang lebih sehat kedepannya. 

Artikel ini dibantu oleh: https://www.alodokter.com/meningitis

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network