Wapres Minta NU Jalin Kerja Sama Dengan Lembaga Internasional

Tanaka GomGom Sitinjak
Wapres Minta NU Menjalin Kerja Sama Dengan Lembaga Internasional. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Wakil Presiden RI (Wapres) Ma’ruf Amin meminta Nahdlatul Ulama (NU) sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan Islam terbesar di Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan lembaga internasional untuk bisa lebih berkontribusi dalam perdamaian dunia.

"Saya ingin nanti NU berkomunikasi dengan semua lembaga di dunia, terutama lembaga Islam yang ada di Mesir, Mekkah, Abu Dhabi (Forum for Peace) untuk perdamaian. Kelihatannya memang semua berpikir ingin membangun perdamaian di dunia. Nah, keinginan-keinginan yang sudah banyak tumbuh di berbagai negara ini akan kita coba kemas menjadi satu kekuatan bersama dunia," ujar Wapres dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Pada Senin (6/2/2023).

Wapres juga menyampaikan pengalaman Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia melalui toleransi yang sudah diakui oleh dunia. Beberapa diantaranya adalah dengan adanya pemberian penghargaan oleh Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP), pada November 2022 lalu dan adanya keinginan dari negara luar untuk belajar dari Indonesia tentang pengalaman toleransi di masyarakat.

"Jadi, beberapa lembaga di dunia salah satunya itu Majelis Hukama Al-Muslimin yang berpusat di Abu Dhabi pernah mengirim utusannya ke sini, menemui saya datang ke sini dan dia mengatakan bahwa kami datang ke Indonesia ini bukan untuk mengajari orang Indonesia, tetapi belajar dari orang Indonesia, bagaimana Indonesia itu mampu membangun kehidupan yang toleran," papar Wapres.

Dia mengatakan Majelis Hukama Al-Muslimin yang berpusat di Abu Dhabi, menilai Indonesia merupakan negara yang paling toleran di dunia.

"Nah, dakwah yang seperti ini dijadikan model oleh mereka. Majelis Hukama itu kumpulan orang-orang pintar di dunia. Jadi, mereka ingin mencontoh model yang ada di Indonesia. Artinya, model yang kita pakai dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dan cara berpikir Islam yang dibawa oleh NU ini menjadi model yang sekarang ingin dijadikan model di dunia oleh banyak lembaga," tambahnya.

Diakhir dialognya Wapres mengimbau untuk Nahdlatul Ulama (NU) untuk mulai berperan aktif dan juga menjalin kerja sama dengan lembaga internasional, agar misi perdamaian dunia dapat lebih mudah untuk digapai.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network