Ubah Manusia Jadi Zombie dalam The Last of Us, Nyatanya Jamur Cordyceps Punya 6 Manfaat Ini

Diana/Kartika
Jamur Cordyceps. Foto: Pixabay/Tú Nguy?n Thanh

 

DEPOK, iNewsDepok.id - Dalam serial drama televisi The Last of Us, jamur Cordyceps disebut bisa mengubah manusia menjadi zombie. Serial tersebut diangkat dari game dengan judul yang sama, menghadirkan pemeran utama Joel dan Ellie.

Kisah The Last if Us mengangkat tema penyakit yang disebabkan oleh jamur cordyceps. Ternyata, jamur tersebut memang benar-benar ada dalam kehidupan nyata dan justru memiliki manfaat kesehatan.  

Melansir Health Line, cordyceps adalah genus jamur parasit yang tumbuh pada larva serangga. Ketika jamur ini menyerang inangnya, mereka mengganti jaringannya dan menumbuhkan batang panjang dan ramping yang tumbuh di luar tubuh inang.

Sisa-sisa serangga dan jamur telah dikumpulkan dengan tangan, dikeringkan dan digunakan dalam pengobatan tradisional China selama berabad-abad. Dalam bahasa China, jamur cordyceps disebut dongchong xiacao atau rumput musim panas rumput musim dingin.

Berdasarkan teori pengobatan Tiongkok, jamur ini dapat menenangkan paru-paru, menghentikan pendarahan, menghilangkan dahak, mengobati kelelahan, batuk, asthenia, disfungsi ginjal dan gagal ginjal.

Suplemen dan produk yang mengandung ekstrak cordyceps menjadi semakin populer karena banyak manfaat kesehatannya. Sebagian besar penelitian ini terbatas pada penelitian hewan atau laboratorium, sehingga ahli kesehatan saat ini tidak dapat menarik kesimpulan tentang pengaruhnya terhadap manusia.

Lantas apa saja manfaat jamur cordyceps? Berikut penjelasan 6 manfaat jamur cordyceps seperti dirangkum pada Sabtu (28/1/2023):  

  1. Mengelola Diabetes Tipe 2

Cordyceps mengandung jenis gula khusus yang dapat membantu mengobati diabetes. Diabetes adalah penyakit di mana tubuh tidak memproduksi atau merespons hormon insulin, yang biasanya mengangkut glukosa gula ke dalam sel untuk energi.

Kadar gula darah yang meningkat secara kronis sering terjadi pada orang dengan diabetes yang tidak terkontrol dan dapat memiliki efek kesehatan yang serius. Penelitian pada hewan menunjukkan cordyceps memiliki potensi sebagai pengobatan diabetes.

  1. Kesehatan Jantung

Cordyceps disetujui di China untuk pengobatan aritmia, suatu kondisi di mana detak jantung terlalu lambat, terlalu cepat, atau tidak teratur. Sebuah studi menemukan bahwa cordyceps secara signifikan mengurangi cedera jantung pada tikus dengan penyakit ginjal kronis.

Cordyceps dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan membantu mencegah aritmia dan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network