Menkes Klaim Vaksinasi Telah Berhasil Menurunkan Kasus Covid-19 di Indonesia

Tanaka GomGom Sitinjak
Menteri Kesehatan Klaim Vaksinasi Telah Berhasil Menurunkan Kasus Covid-19 di Indonesia. (Foto: PIXABAY).

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim bahwa vaksinasi yang selama ini diterapkan sudah berhasil menurunkan angka kasus Covid-19 di Indonesia. Hal ini disampaikan Budi dalam laporan capaian kinerja 2022 untuk pengendalian pandemi Covid-19.

“Vaksinasi ini sudah berhasil menurunkan secara drastis kasus Covid-19 di indonesia Hal ini menunjukan bahwa program vaksinasi kita dilakukan dengan cukup efektif,” ujar Menkes dalam keterangan resminya, Kamis (5/1/2023).

Budi menyebut, Indonesia menduduki peringkat lima besar dunia sebagai negara yang sudah melakukan vaksinasi, dari total 450 juta dosis vaksin, telah berhasil menyuntik 204 juta orang dari target 234 juta orang.

Meski begitu, Menkes menyebut jika Indonesia sempat mengalami gelombang Covid-19 yang besar, yaitu saat gelombang Delta pada Juni 2021 kemarin dan Gelombang Omicron di awal tahun 2022. Namun dengan tingkat vaksinasi yang tinggi setelah gelombang varian Omicron, di Indonesia tidak lagi ditemukan lonjakan kasus baru.

“Beberapa negara besar mengalami lonjakan tetapi kita di Indonesia tidak mengalami lonjakan yang berarti. Baik dari sisi kasus, hospitalisasi maupun yang meninggal,” sebut Menkes.

Selain itu dengah vaksinasi Covid-19, pihak Kemenkes juga nantinya akan berinisiatif untuk meredam laju penularan kasus Covid-19 di Indonesia. Langkah yang dilakukan berupa pemanfaatan sisi sains dan teknologi untuk memproses identifikasi jenis atau varian baru virus.

Menurut Kemenkes lonjakan kasus dipengaruhi oleh mobilitas atau pergerakan, oleh karena itu pengecekan dan identifikasi diperlukan untuk menjaga Indonesia dari lonjakan kenaikan kasus akibat dari varian-varian baru yang tidak teridentifikasi.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network