Prestasi Unik Damkar Kota Depok Selama Tahun 2022, Mulai Dari Evakuasi Buaya Hingga Selamatkan Kuda

Tama
Damkar Kota Depok evakuasi kuda terperosok parit. Foto: Damkar Kota Depok

DEPOK, iNewsDepok.id - Selama tahun 2022, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok tidak hanya bertugas memadamkan api seperti pada umumnya. Aksi penyelamatan hewan juga menjadi prestasi yang ditorehkan jajaran petugas pemadam api ini.

Dilansir dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok, Sabtu (31/12/2022), sepanjang tahun 2022 sebanyak delapan aksi penyelamatan unik yang tak biasa, yang berhasil dilakukan oleh petugas Damkar Depok.

Yang pertama, petugas Damkar Depok berhasil mengevakuasi seekor buaya milik warga di RT 05 RW 11, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kamis (27/01/2022).

Hewan buas tersebut memiliki beban seberat 80 kilogram dengan panjang mencapai empat meter. Petugas Damkar Depok diminta mengevakuasi hewan reptil ini karena pemiliknya sudah tidak sanggup mengurusnya. 

Pemilik buaya yang merupakan warga Kelurahan Mekarsari, mengaku khawatir karena buaya tersebut dianggap dapat membahayakan masyarakat sekitar karena ukurannya yang semakin membesar.

Penyelamatan kedua, petugas Damkar Kota Depok berhasil mengeluarkan anak bayi yang tertidur dan terjebak di dalam mobil, karena ditinggalkan ibunya berbelanja ke salah satu toko swalayan di depan ruko The Caspia Cluster Azalea, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kamis (27/01/2022).

Ketiga, petugas berhasil mengeluarkan cincin yang tersangkut di jari warga. Selama satu tahun ini, petugas Damkar Depok berhasil melepas dua cincin di sejumlah lokasi yang berbeda. 

Di antaranya warga Jalan Letnan Harta Sukirman RT 03 RW 02, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Kemudian warga Jalan Kampung Pitara, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas.

Selanjutnya keempat, petugas berhasil mengeluarkan kaki warga yang terjepit tutup saluran air di Jalan Margonda Raya Nomor 39, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas. Untuk bisa mengeluarkan kaki korban petugas harus memotong baja penutup saluran air tersebut, Senin (04/07/2022).

Kemudian, warga di Perumahan Griya Mulya III No V, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung yang kakinya terjepit kursi juga berhasil diselamatkan oleh petugas.

Kelima, kejadian unik yang berhasil dilakukan petugas Damkar Kota Depok yaitu melepaskan jari seorang anak yang tersangkut di tutup botol saat bermain. Peristiwa tersebut terjadi di Perumahan Pesona Khayangan Blok FA No 1, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji.

Keenam, melepaskan alat kelamin seorang anak berusia tujuh tahun yang terjepit resleting di Kecamatan Pancoran Mas. Dibutuhkan waktu selama 45 menit hingga akhirnya resleting terlepas.

Ketujuh, seekor ular sanca kembang berukuran besar berhasil diamankan oleh tim rescue Damkar Depok UPT Cinere pada hari Rabu (07/12/2022), dengan menurunkan tiga personel, tim penyelamat melakukan evakuasi ular sanca yang berada di dalam plafon sebuah rumah yg berlokasi di Kelurahan Gandul, Cinere, Depok.

Terakhir, petugas Damkar Depok mengevakuasi seekor kuda milik warga yang terperosok ke saluran air sedalam dua meter di Jalan Mandor Andara, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Sabtu (24/12/2022).

Ada delapan personel damkar dari UPT Cinere dikerahkan ke lokasi pada pukul 13.45 WIB. Tidak membutuhkan waktu lama, pukul 13.55 WIB damkar berhasil mengevakuasi kuda tersebut. Warga sekitar menyaksikan evakuasi kuda malang tersebut.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network