Jangan Bingung, Ini Cara Pesan Makanan di Dalam Kereta Api

Tama
Cara memesan makanan dan minuman di kereta api. Foto: Tama/iNews Depok

DEPOK, iNewsDepok.id - Libur Tahun Baru 2023 semakin dekat, sebagian orang-orang mungkin sudah merencanakan perjalanan ke luar kota, dengan salah satu moda transportasi andalan masyarakat adalah kereta api. Dengan perjalanan panjang terkadang kita harus mempersiapkan logistik agar tidak kelaparan selama perjalanan di atas kereta api.

Untuk mengantisipasi hal itu, banyak para penumpang membawa makanan atau perbekalan sendiri sebelum naik kereta api. Namun terkadang makanan atau bekal yang kita bawa, sudah tidak hangat atau segar selama perjalanan.

Tidak perlu khawatir, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), menyediakan sarana penunjang untuk menjawab kebutuhan para pengguna kereta api. Setiap rangkaian khususnya untuk kereta jarak jauh, PT KAI menyediakan kereta makan atau restoran di setiap rangkaian baik itu kelas ekonomi PSO, ekonomi reguler/premium, bisnis atau eksekutif.

Namun mungkin sebagian orang masih bingung cara memesan makanan di dalam rangkaian kereta api.

Buat kalian yang ingin memesan makanan hangat di dalam kereta, berikut ini cara pesan makanan di kereta api yang dihimpun Tim iNews Depok, Kamis (29/12/2022):

1. Pesan melalui aplikasi KAI Access


Aplikasi pemesanan makanan di kereta api. Foto: Tama/iNews Depok.

Cara pertama memesan makanan atau minuman di kereta bisa kalian lakukan adalah melalui aplikasi KAI Acces. Di aplikasi KAI Access ini, terdapat sejumlah fitur yang akan menunjukkan beragam menu makanan dan minuman yang kalian inginkan. Selain itu kalian bisa mengintip tarif harga yang akan kalian pesan.

Caranya, kalian tinggal masuk ke halaman resmi aplikasi KAI Access, selanjutnya mengklik pilihan menu pre order, lalu pilih meals atau makanan. Setelah itu kalian akan menjumpai halaman pre order dari PT Reska Multi Usaha

Selain itu kalian juga bisa langsung membuka situs dari Reska yaitu preorder.reska.co.id. Setelah itu, kalian tinggal memasukkan kode booking atau kode pembayaran tiket di kolom yang sudah tersedia. Lalu tinggal ikuti saja alur yang sudah tersedia dalam halaman tersebut.

 

2Melakukan pemesanan via WhatsApp


Pramugara dan pramugari PT KAI. Foto: Tama/iNews Depok.

Selain menggunakan akses website KAI dan Reska pada KAI Access untuk pemesanan makanan, ada cara lain berikutnya melalui WhatsApp atau SMS. Nomor WhatsApp untuk pelayanan makanan dan minuman KAI adalah 0811 1061 2121. 

Kalian cukup memesan dengan format berikut: kode booking tiket/menu yang dipesan/jumlah pesanan/waktu penyajian ke nomor yang sudah tersedia itu.

Contohnya QWERTY/Nasi Goreng/2/Jam 20.00 WIB, lalu setelah pesan terkirim, kalian akan menerima konfirmasi.

Untuk pembayarannya, kalian bisa melakukan pembayaran secara digital ataupun secara tunai saat makanan disajikan ke tempat duduk.

Kenyamanan tersebut diberikan oleh PT Reska Multi Usaha, yakni salah satu anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang berdiri sejak tahun 2003.

Selain menghubungi nomer kontak di atas tersebut, kalian juga bisa mengontak petugas kondektur yang berjaga. Setiap kondektur pasti akan menyediakan kontak layanan aduan, bantuan dan lainnya, di setiap rangkaian gerbong/kereta yang tertera di bagian ujung gerbong/kereta.

3. Pesan langsung ke pramugari/pramugara yang keliling


Ilustrasi pramugari di kereta api. Foto: Tama/iNews Depok.

Cara lain pemesanan makanan di kereta api yang paling mudah adalah dengan memesannya langsung pada petugas pramugari/pramugara. Sama dengan pelayanan dalam pesawat terbang, PT KAI juga menyediakan pramugari dan pramugara yang siap berkeliling menawarkan beragam pelayanan kepada penumpang.

Tenang saja para pramugari dan pramugara akan sering keliling dalam perjalanan kereta api yang kalian tumpangi. Kalian juga tidak perlu sungkan untuk menanyakan harga setiap makanan dan minuman yang akan kalian pesan.

4. Datang langsung ke restorasi atau kereta makan

Jika kalian enggan memesan dengan cara yang sudah disebutkan di atas tadi, kalian bisa langsung mendatangi kereta makan atau restorasi. Biasanya kereta makan tersedia di bagian tengah rangkaian kereta api.

Kalian akan disambut para petugas dengan ramah. Layaknya sebuah restoran atau cafe, kalian bisa jalan-jalan sekaligus cuci mata dengan duduk di bangku tempat makan yang tersedia sembari menikmati pemandangan.

Untuk makanan yang disajikan sangat beragam. Mulai dari menu makanan dan minuman khas Indonesia dan lain sebagainya. Makanan favorit yang sering dipesan para penumpang antara lain: nasi goreng, nasi rames, mie instan, bakso kuah, yang semuanya disajikan masih hangat.

Untuk minuman, kalian bisa memesan minuman dingin, hangat atau panas seperti: susu, teh manis, kopi, wedang bandrek, dll.

Bagaimana seru kan?

Tapi perlu diingat, seluruh perjalanan kereta api wajib bebas dari asap rokok.


Suasana kereta makan penumpang PT KAI. Foto: Tama/iNews Depok.


Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network