4 Tips Berbisnis Online agar Dagangan Dilirik Orang

Tim iNews
Berikut ini 4 tips berjualan online. Foto: Freepik/tirachardz

DEPOK, iNewsDepok.id - Di tengah kemajuan era digital saat ini banyak penjual memilih berjualan secara online. Dengan berjualan secara online maka pelaku usaha bisa menawarkan produk secara luas ke pembeli.

Dengan berjualan secara online maka pelaku usaha bisa menjangkau pelanggan lebih luas untuk meningkatkan penjualan. Alhasil, akan banyak keuntungan yang bisa didapat.

Berjualan secara online memiliki pendekatan yang berbeda dengan berjualan secara offline. Bila secara offline pelaku usaha bisa bertatap muka dan langsung berjualan ke pelanggan.

Sementara bila berjualan secara online maka pelaku usaha harus menggunakan strategi untuk memancing pelanggan lewat virtual.

Ada beberapa cara menarik pelanggan secara online, tetapi sebelumnya membutuhkan waktu untuk belajar. Terutama belajar penggunaan aplikasi. Cara menarik pelanggan lebih mudah dilakukan secara online jika tahu cara yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan.

Berikut 4 tips berbisnis online agar dagangan dilirik orang, seperti dirangkum dari BukuWarung, pada Senin (19/12/2022):

  1. Menarik Pelanggan via Online

Untuk menarik pelanggan ada dua cara yang sebaiknya dilakukan, yakni daftar di akun media sosial popular, serta membuat konten dan promo yang menarik.

Pertama, daftar di akun media sosial popular. Sosial media sangat populer di kalangan anak muda walaupun tidak semua sosial media digunakan, bisa pilih sosial media yang sering digunakan oleh pelanggan.

Berdasarkan data We Are Social di tahun 2022, media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Untuk berjualan, setidaknya mempunyai akun media sosial di platform tersebut agar pelanggan lebih mudah mencari usaha/toko milik Anda.

Kedua, membuat konten dan promo yang menarik. Jika sudah membuat media sosial, selanjutnya adalah membuat konten yang menarik untuk pelanggan karena media sosial tidak dapat terlepas dari konten yang disajikan.

Sama seperti jualan offline, mempercantik toko agar terlihat menarik oleh pembeli. Begitu pun dengan online, perlu mengisi media sosial usaha dengan konten yang berisi informasi produk/jasa yang ditawarkan.

Bisa membuat konten yang lagi trending, lucu, informatif, ataupun promo yang bisa menarik pelanggan untuk melihat ke media sosial usaha atau bahkan bisa sampai melakukan pembelian.

  1. Simpan dan bagikan testimoni dari pelanggan

Dalam cara menarik pelanggan tentu perlu adanya rasa aman ketika berbelanja di Toko Anda. Caranya mudah, hanya perlu menyimpan dan membagikan pengalaman pelanggan berbelanja di toko.

Jadi memberikan rasa aman dan nyaman kepada pembeli baru karena sudah ada yang membeli sebelumnya. Untuk pertama kali dapat meminta pengalaman belanja dari teman atau keluarga sebagai permulaan.

  1. Aktif dan konsisten di media sosia 

Konsisten adalah hal penting dalam berinteraksi dengan pelanggan di media sosial. Perlu memberikan informasi secara up-to-date tentang apa saja yang terjadi di Toko Anda. Seperti update stok barang/jasa, promosi, hari libur, hingga perubahan jam operasional, karena pengguna dapat melihat informasi Anda terus-menerus.

Selain itu juga perlu aktif untuk menanggapi pesan yang isinya pertanyaan, komplain, testimoni dan lainnya dari pelanggan. Itu berpengaruh terhadap omongan atau review pelanggan terhadap toko/usaha Anda di media sosial.

  1. Sediakan layanan yang lengkap

Pelanggan pastinya ingin dong belanja di toko Anda jika mempunyai kelengkapan dari produk/jasa atau metode pembayarannya. Metode pembayaran yang lengkap sekarang menjadi sangat penting, apalagi anak muda masa kini sudah lebih lancar menggunakan teknologi.

Daripada harus repot cari kembalian atau ambil uang di bank, mending bayar langsung pakai aplikasi. Bisa sediakan metode pembayaran lengkap menggunakan aplikasi BukuWarung, baik melalui berbagai bank, QRIS, e-wallet semuanya bisa! Aplikasi ini bisa di-download gratis di Playstore.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network