6 Dampak Buruk Melewatkan Sarapan

Legenda Kinanty Putri
6 dampak buruk melewatkan sarapan. (foto: istockphoto)

DEPOK, iNewsDepok.id – Makanan memainkan peran penting bagi setiap keberlangsungan hidup manusia. Makanan juga yang memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas seharian.

Sarapan adalah salah satu waktu makan yang sering dilewatkan, padahal sarapan begitu penting. Manfaat sarapan termasuk memberikan tubuh energi untuk beraktivitas seharian, membantu kontrol berat badan, dan membantu otak untuk lebih fokus.

 Dampak Buruk Melewatkan Sarapan

Lantas, apa saja efek berbahaya dari melewatkan sarapan? Melansir dari Firstcry Parenting ini efek berbahaya dari melewatkan sarapan.

Apa alasan anda melewatkan sarapan? Apakah terburu-buru berangkat sekolah dan bekerja? Tidak sempat sarapan karena menumpuknya pekerjaan? Atau tidak terbiasa makan apapun di pagi hari?

Setiap orang pasti memiliki alasan yang berbeda dari melewatkan sarapan. Namun, setelah mengetahui efek berbahaya dari melewatkan sarapan ini, apakah anda masih ingin melewatkannya?

1. Berdampak pada metabolisme

Makanan memberi energi untuk tubuh dengan nutrisinya, jika anda beraktivitas tanpa memberikan tubuh nutrisi, apakah tubuh akan berjalan dengan baik? Jawabannya adalah tidak. Dengan mengonsumsi makanan di pagi hari, terlebih makanan yang kaya akan nutrisi, akan mencegah gangguan metabolisme.

2. Membuat rambut rontok                  

Ketika anda mengonsumsi sarapan, selain memberikan tenaga, nutrisi yang masuk ke tubuh anda hari itu akan membantu dalam pertumbuhan folikel rambut. Jadi, jika anda masih ingin memiliki rambut sehat berkilau dan terhindar dari kerontokan rambut, konsumsilah sarapan sehat setiap hari.

3. Memicu migrain

Melewatkan sarapan menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menurun, sehingga dapat menyebabkan tekanan darah naik. Oleh karena itu melewatkan sarapan dapat memicu migrain, terlebih bagi orang rentan terhadap migrain, jangan sampai melewatkan sarapan.

4. Penambahan berat badan

Melewatkan sarapan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, karena ketika tidak makan dalam durasi yang lama, tubuh akan memberi sinyal untuk memakan makanan yang manis dan berkemak. Terkadang orang yang tidak sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan pada siang hari. Sehingga kalori yang anda butuhkan hari itu akan melebihi yang tubuh anda butuhkan.

5. Meningkatkan risiko kanker

Tidak sarapan dapat membuat anda mengonsumsi makanan berlebih saat makan siang, karena itu dapat membuat anda mendapat kalori lebih. Kelebihan kalori dapat membuat anda obesitas. Obesitas dapat menempatkan tubuh ada risiko penyakit serius, salah satunya kanker. Oleh karena itu jangan melewatka  sarapan.

6. Berdampak negatif pada energi dan suasana hati

Ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa efek buruk dari melewatkan sarapan pada orang-orang termasuk peningkatan tingkat kelelahan. Jadi jika anda mendapati diri anda mudah lelah seperti kekurangan energi ataupun memiliki suasana hati yang buruk, mungkin saja itu karena anda melewatkan sarapan.

Demikian informasi mengenai dampak buruk melewatkan sarapan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network