Bikin Nyeri Tak Tertahankan, Inilah 6 Makanan Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Poppy Indah/NET
Seafood seperti udang dan bayam menjadi salah satu makanan pantangan bagi penderita asam urat karena tinggi kandungan purin. Foto ilustrasi: Freepik/timolina

DEPOK, iNewsDepok.id - Setidaknya ada 6 makanan pantangan bagi penderita asam urat yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Pasalnya, makanan tersebut mengandung purin tinggi yang bila dikonsumsi bisa menyebabkan asam urat kambuh.

Mengutip laman Kemkes, penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Umumnya, kondisi ini terjadi pada sendi seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jempol kaki.

Secara alamiah, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurangi purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki fungsi seperti mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Setelah selesai digunakan asam urat akan dibuang melalui urin.

Seringkali tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Akibatnya, asam urat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan dan pembengkakan.

Gejala asam urat antara lain nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian dan muncul warna kemerahan pada kulit sendi. Seringkali penderita juga mengalami kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu.

Karena salah satu faktor risiko asam urat adalah serng konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, maka sebaiknya penderita asam urat mengubah gaya hidup. Terutama menjaga pola makan agar penyakit tersebut tidak kambuh dan memburuk.

Untuk memaksimalkan penyembuhan asam urat, sebaiknya mengetahui beberapa makanan pantangan asam urat yang mengandung banyak purin.

Lantas apa saja makanan yang mengandung tinggi purin? Simak penjelasan berikut ini, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (4/11/2022):

Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

  1. Daging merah

Daging merah menjadi makanan pantangan asam urat karena dianggap mengandung zat purin yang tinggi. Daging merah terdiri dari daging sapi, daging kerbau, daging kambing. daging domba, daging kuda, daging angsa, dan daging bebek sebaiknya jangan dikonsumsi untuk penderita asam urat.

  1. Jeroan

Makanan ini memang banyak ditemui di Indonesia, salah satunya dalam soto. Namun jeroan harus dihindari karena mengandung purin yang sangat tinggi. Yang termasuk dalam jeroan adalah usus, hati, limpa, otak, paru, jantung, dan ginjal.

  1. Seafood

Makanan laut adalah salah satu penyebab asam urat karena mengandung purin. Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi mengandung purin yang tinggi. Hal ini juga berlaku pada seafood kalengan.

  1. Bayam

Meski bayam adalah sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi sehat, makanan ini termasuk tinggi purin. Bayam penting untuk dihindari oleh penderita asam lemak sebab mengandung 57 gram purin setiap 100 gram bayam menurut table makanan AcuMedico.

  1. Durian

Makanan yang banyak disenangi oleh warga Indonesia ini ternyata bisa memperburuk penyakit asam urat. Durian mengandung kolestrol yang sangat tinggi. Oleh karena itu sebaiknya hindari mengkonsumsi durian agar tidak terjadi komplikasi dari penyakit asam urat.

  1. Gula

Gula sebaiknya dihindari oleh penderita asam lemak meski mengandung purin yang rendah. Konsumsi gula yang berlebihan juga tidak baik sebab mendatangkan banyak penyakit seperti diabetes, obesitas, dan memperburuk gejala asam urat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network