Lagi! Aktivis Iklim Serang Lukisan di Museum

Benedict J. C. Pietersz
Sepasang pengunjuk rasa menyerang lukisan terkenal 'Girl with a Pearl Earring' di museum Mauritshuis di Den Haag. Foto: @disclosetv

JAKARTA, iNewsDepok.id - Tiga aktivis perubahan iklim dengan kelompok 'Just Stop Oil' telah ditangkap karena "kekerasan publik terhadap barang" setelah mereka menyerang lukisan Vermeer yang terkenal 'Girl with a Pearl Earring' di museum Mauritshuis di Den Haag pada Kamis (27/10/2022). Karya seni yang tak ternilai ini dilaporkan tidak rusak.

Sebuah video dari insiden yang diposting ke media sosial menunjukkan seorang pengunjuk rasa menuangkan sekaleng sup tomat di atas kepala yang lain sebelum keduanya melepas jaket mereka untuk memperlihatkan t-shirt yang bertuliskan slogan 'Just Stop Oil', seperti dikutip dari Russia Today.

Salah satu pengunjuk rasa kemudian menempelkan kepalanya ke panel kaca yang melindungi permukaan lukisan, sementara yang lain menempelkan tangannya ke dinding di sebelah lukisan. Menurut Maritshuis, pengunjuk rasa ketiga juga melemparkan "zat yang tidak diketahui" ke lukisan itu.

“Bagaimana perasaanmu ketika melihat sesuatu yang indah dan tak ternilai harganya dihancurkan di depan matamu?” salah satu demonstran bertanya kepada orang banyak yang ketakutan, membingkai kemarahan mereka sambil bertanya, "Di mana perasaan ketika Anda melihat planet dihancurkan di depan mata kita sendiri?"

Dia mencoba membandingkan lukisan itu, yang dilindungi oleh kaca, dengan "orang-orang yang rentan di Global South" dan "masa depan anak-anak kita," yang keduanya "tidak dilindungi."

Penonton terdengar mengutuk tindakan mereka sebagai "cabul" dan "bodoh," meskipun polisi tampaknya menunggu sampai pasangan itu selesai berbicara sebelum menarik mereka dengan borgol.

Museum meyakinkan publik bahwa lukisan itu "tidak rusak" dan akan kembali untuk ditampilkan "sesegera mungkin," menyatakan bahwa "seni tidak berdaya dan untuk mencoba dan merusaknya untuk alasan apa pun, kami sangat mengutuknya."

Serangan itu adalah yang terbaru dari serangkaian serangan terhadap karya seni klasik oleh Just Stop Oil dan kelompok serupa. Dua lagi aktivis Just Stop Oil ditangkap di Galeri Nasional awal bulan ini karena kerusakan kriminal dan pelanggaran berat setelah menyerang 'Bunga Matahari' Van Gogh dengan sekaleng sup, sementara sepasang aktivis dari Letzte Generation (Generasi Terakhir) merusak 'Les' Monet Meules dengan kentang tumbuk kaleng dan menempelkan diri ke lantai di museum Barberini di Jerman.

Para demonstran juga telah menyebarkan cat semprot dan kotoran manusia dalam upaya mereka untuk memperhatikan perilaku manusia yang membahayakan iklim, meskipun sambutan dingin yang mereka terima dari publik memiliki beberapa pertanyaan apakah mereka melukai tujuan yang mereka klaim sebagai juara.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network