Wali Kota Depok Sebut Ada Lima Pasien Gagal Ginjal Akut, 4 Meninggal Dunia

R Ratna Purnama
Wali Kota Depok menyebut ada lima pasien gagal ginjal di Depok. Foto: Dok iNewsDepok

DEPOK, iNewsDepok.id- Kasus gagal ginjal akut (GGA) di Depok bertambah. Saat ini sudah ada lima kasus GGA yang terjadi di Depok. Hal itu berdasarkan dari laporan Kementrian Kesehatan yang diterima Pemerintah Kota Depok.

“Kalau dari kementerian laporannya memang sudah ada lima bahkan. Yang meninggal kalau ngga salah empat, dan masih ada dalam penanganan,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Rabu (26/10/2022).

Lima kasus tersebut terdiri dari anak-anak dan remaja. Mengenai penyebabnya, diduga karena mengonsumsi obat penurun demam. “Sudah di klarifikasi penyebabnya itu. Diantaranya mengkonsumsi zat-zat yang ada dalam kandungan obat penurun panas,” ujarnya.

Informasi yang didapat dari Kemenkes, lima pasien tersebut memang mengonsumsi obat penurun panas. “Itu yang sudah resmi dari kementerian, agar pencegahan lebih lanjut dari kasus-kasus yang dilaporkan terkonfirmasi bahwa mereka dari obat-obat  ini,” tambahnya.

Mengenai obat penurun panas apa yang dikonsumsi oleh penderita, Idris mengaku tidak bisa menjawab. “Itu kan kementerian, wali kota tidak berwewenang menentukan itu,” katanya.

Pihaknya masih menunggu informasi dari kementrian terkait dengan adanya kasus GGA di Depok. Namun dari indikasi memang pasien mengonsumsi obat penurun panas. “Ini kan masalah obat ya, urusan pusat dan provinsi. Memang diindikasikan bahwa ini obat penurun panas mengandung satu kandungan yang merusak ginjal.

Nah, itu kewenagan mereka yg memberi keterangan juga mereka. Kita pikir meninggal biasa, bisa saja dia gagal ginjal karena kasus lain. Makanya, saya tidak bisa memberikan keterangan ini sebelum ada keterangan dari kementerian. Karena dari kementerian ini lah yang menyelidiki, mereka yang mengkonfirmasi, mendiagnosa, bahwa ini sebabnya memang masalah obat,” pungkasnya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network