Honda Civic Genio Sedan Retro Keren nan Terjangkau

muhammad wildan firmasyah
Sumber : Instagram : david_mahajaya

JAKARTA, iNews.id - Harga Civic Genio yang cukup terjangkau membuat sedan ini masih banyak dicari orang. Mesinnya memang tak secanggih Civic Ferio yang sudah menggunakan VTEC, tapi tampilan bodi Civic Genio lebih manis dilihat.

Nama Honda Civic pastinya sudah tak asing lagi buat orang Indonesia. Faktanya Honda sudah memasarkan Civic di Tanah Air sejak tahun 1979.

Dari beberapa generasi yang pernah hadir, Genio memiliki daya tarik tersendiri. Mobil ini lahir sebagai Civic generasi kelima di Indonesia yang dipasarkan selama tahun 1992 sampai 1995.

Sebenarnya pabrikan memasarkan dua model Civic generasi kelima. Selain Genio yang memiliki wujud sedan 4 pintu, ada pula Estilo yang hadir sebagai hatchback 3 pintu.

Spesifikasi mesin dan fitur antara kedua mobil ini nyaris serupa. Tapi untuk kali ini pembahasan hanya fokus pada Genio karena unitnya lebih banyak beredar di pasar mobil bekas.

Dengan begitu kesempatan bagi Carmudian untuk memilikinya juga lebih besar. Selain itu, harga Civic Genio di pasar mobil bekas lebih masuk akal dibanding Estilo yang banderolnya selangit.

Civic Genio membawa perubahan cukup mencolok pada segi tampilan kalau dibandingkan dengan pendahulunya, Grand Civic.

Dari yang awalnya mengotak khas tahun 1980-an, Civic Genio justru membulat dan memancarkan aura yang lebih sporty.

Bagian ujung kap mesin didesain cukup rendah dengan dihiasi sepasang lampu depan yang sipit. Sementara itu grilnya dibuat menyatu dengan bumper.

Pada kondisi standar saja sedan ini sudah terlihat ceper dari depan. Bukan tanpa maksud, desain semacam ini berguna untuk meningkatkan aspek aerodinamika kendaraan.

Selama masa hidupnya mobil ini dapat dibagi menjadi dua model, yakni model awal (1992-1993) dan model akhir (1994-1995). Terdapat beberapa perbedaan antara kedua model untuk hal-hal yang sifatnya kosmetik ataupun kelengkapan fitur.

Bicara spesifikasi, Civic Genio menggunakan mesin 1.590 cc. Kapasitas tersebut sedikit lebih kecil dibanding rival dekatnya, yakni Toyota Great Corolla yang punya pilihan mesin 1.600 cc selain 1.300 cc.

Satu hal lagi yang disayangkan dari Civic Genio ialah mesinnya belum dilengkapi teknologi katup variabel VTEC. Di Indonesia teknologi tersebut baru bisa ditemui pada Civic generasi berikutnya, yakni Ferio.

Walau begitu bukan berarti Civic Genio tak memiliki kelebihan. Nilai plus tersebut salah satunya terdapat pada sektor kaki-kaki.

Sistem pengereman Civic Genio dikawal rem cakram untuk roda depan dan belakang. Bagi sebagian orang hal ini akan menambah rasa percaya diri terkait aspek keselamatan.

Selain itu Civic Genio juga menggunakan suspensi independen double wishbone di keempat rodanya. Dengan begitu kendaraan jadi lebih nyaman untuk dikendarai.

Disebutkan sebelumnya bahwa Civic Genio bisa dibilang terbagi dua model. Walau kapasitas mesin yang dimiliki kedua model sama, tapi kodenya berbeda.

Civic Genio model awal menggunakan mesin berkode NC16 sedangkan untuk model kedua F16.

Tipe Mesin4 silinder segaris SOHC 16 katup

Suplai Bahan Bakar PGM-FI

Diameter x Langkah (mm) 75 x 90 Isi

Silinder (cc) 1.590

Perbandingan Rasio 9,1:1

Daya Maksimum 120 hp @ 6.300 rpm

Torsi Maksimum 140,2 nm @ 5.500 rpm

TransmisiOtomatis torque converter / manual 5 kecepatan sinkromes

Sistem Penggerak Roda depan

Sistem Kemudi Power assist, rack and pinion

Pengereman Cakram (depan dan belakang)

Suspensi Independen double wishbone 4 roda

Dimensi P x L x T (mm)4.395 x 1.695 x 1.375

Wheelbase (mm)2.620

Ground Clearance (mm)160

Berat Kosong (kg)1.060 (manual), 1.140 (otomatis)

Radius Putar (m) 5

Ukuran Ban185/60 VR14

Kapasitas Tangki (liter) 45

Kapasitas Tempat Duduk 5



Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network