Berikut Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur dari Sisi Medis

Vania Rachel Pavita
Berikut Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur dari Sisi Medis. Foto: authorityremedies

BEKASI, iNewsdepok.id - Wanita tidak subur sering dikaitkan dengan kehamilan. Faktanya, wanita tidak subur bisa terjadi karena beberapa hal jika dilihat dari sisi medis. 

Jika dilihat dari kacamata orang awam, sulit untuk mendiagnosis wanita yang tidak subur. Karena itu, sangat penting mengedukasi diri tentang kesehatan reproduksi dari sisi medis. 

Dilansir dari iNews.id pada Kamis (13/10/2022), berikut beberapa ciri-ciri wanita tidak subur sisi medis:

1. Siklus menstruasi yang tidak teratur
Hal ini dapat diketahui dari adanya perubahan siklus menstruasi dan ovulasi. Perubahan tersebut merupakan gejala awal dari penyakit berhubungan langsung dengan infertilitas. 

Dikutip dari laman alodokter.com, menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. 

Penyebab terjadinya beragam salah satunya, ketidakseimbangan hormon yang dikenal sebagai sindrom ovarium polikistik (PCOS). 

2. Perubahan hormon 
Ada beberapa tanda yang bisa dirasakan ketika terjadi perubahan hormon. Seperti banyak jerawat, perubahan dalam keinginan melakukan seks, rambut mulai rontok atau menipis, berat badan bertambah, hingga sakit saat melakukan hubungan seks. 

3. Menopause dini
Wanita yang mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Hal ini ditandai dengan siklus menstruasi tidak teratur, vagina kering, kulit mengering, gairah seks menurun, dan gangguan tidur seperti insomnia. 

4. Berat badan yang naik turun secara drastis 

Kenaikan berat badan secara drastis bisa disebabkan oleh PCOS. Banyak wanita yang memiliki kondisi PCOS dan memiliki kadar hormon insulin yang tinggi. PCOS juga bisa menjadi penyebab tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon. 

Dalam sebuah penelitian dalam jurnal berjudul 'Reproductive Biology and Endocrinology', berat badan rendah dan obesitasi juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri wanita tidak subur. 

Demikian ciri-ciri wanita tidak subur.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network