Jaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita agar Tetap Sehat dengan 7 Cara Ini!

Kartika/Net Depok
Penting menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Foto: authorityremedies

DEPOK, iNewsDepok.id - Sudah seharusnya kaum hawa menjaga kesehatan organ reproduksi wanita karena organ ini rentan terhadap trauma, ketidakseimbangan hormon, dan infeksi.

Bila organ reproduksi wanita tidak dijaga kesehatannya, maka trauma, ketidakseimbangan hormon dan infeksi pada organ resproduksi wanita, dapat menghambat kehamilan, menimbulkan penyakit menular, bahkan menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan.

Berikut 7 cara menjaga kesehatan organ reproduksi wanita agar tetap sehat, seperti dirangkum dari berbagai sumber, pada Senin (15/8/2022):

  1. Mempertahankan gaya hidup sehat

Mempertahankan gaya hidup sehat menjadi langkah awal dan penting untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Menjalani program diet yang tepat, berat badan yang sehat, olahraga dan tidur cukup menjadi kebiasaan yang membantu sistem reproduksi Anda tetap sehat.

  1. Berhenti merokok

Selain itu, berhenti merokok menjadi kiat selanjutnya untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Pasalnya, sebatang rokok mengandung komposisi racun yang tak terhitung jumlahnya sehingga menyebabkan kecanduan, kanker dan masalah koroner.

Penelitian menunjukkan merokok dapat membahayakan ovarium, rahim, dan area lain dari organ reproduksi wanita. Merokok selama kehamilan dapat mempengaruhi kondisi janin yang belum lahir dan berpotensi memiliki kelainan bawaan.

  1. Tingkatkan konsumsi kalsium dan magnesium

Kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi wanita. Magnesium dapat meredakan sakit kepala, keinginan mengonsumsi gula, pusing, dan gula darah rendah terkait dengan PMS. Sementara kalsium juga efektif untuk kelelahan pramenstruasi, depresi dan mengidam makanan manis. 

  1. Menghindari stres

Stres dapat mengubah siklus menstruasi normal dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pada organ reproduksi wanita.

  1. Orgasme

Seorang peremapuan yang aktif secara seksual penting untuk mendapatkan orgasme secara teratur. Pasalnya, orgasme memicu pelepasan hormon sehat dan mendorong kontraksi rahim, yang dapat membantu meringankan dan mendetoksifikasi tubuh Anda.

Selain itu, orgasme juga pereda stres yang sangat baik sehingga tentunya bagus untuk kesehatan organ reproduksi wanita.

  1. Tidak berganti-ganti pasangan

Sangat penting diperhatikan bahwa tidak berganti-ganti pasangan atau menerapkan seks aman sangat penting untuk kesehatan organ reproduksi wanita.

Sebelum melakukan hubungan seksual, sebaiknya Anda dan pasangan memeriksakan diri untuk mencegah infeksi maupun penyakit menular seksual. Di samping itu juga dapat menggunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit.

  1. Cek kesehatan reproduksi secara berkala

Seiring dengan pertambahan usia, seorang perempuan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin, termasuk pap smear, STD, dan tes infeksi. Hal tersebut dapat mendeteksi dini kondisi apa pun dan memastikan kesehatan organ reproduksi wanita.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Catat! Ini Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita, Salah Satunya Orgasme "

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network