Tak Disangka 5 Makanan Indonesia Ini Peninggalan Belanda, Sering Dikonsumsi Sehari-hari

Kartika
Semur, kuliner Indonesia yang ternyata terinspirasi dari kuliner belanda. Foto: bango.co.id

DEPOK, iNewsDepok.id - Ternyata beberapa makanan Indonesia ini peninggalan Belanda. Peninggalan Belanda tidak hanya pada bangunan, tetapi juga kulinernya yang lezat.

Sejumlah makanan Indonesia yang tentunya sudah familiar ini ternyata terinspirasi dari berbagai macam masakan khas Belanda. Makanan-makanan ini bahkan sudah menjadi menu makan sehari-hari.

Berikut 5 makanan Indonesia peninggalan Belanda yang sering kita santap sehari-hari, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (3/9/2022):

  1. Semur

Menu semur familiar di Indonesia, bahkan menjadi menu makan sehari-hari. Tetapi tahukah Anda bila semur merupakan salah satu hidangan peninggalan Belanda.

Semur berasal dari bahasa Belanda, yaitu “smoor” atau “smoren” yang berarti rebusan. Hidangan yang satu ini rupanya terinspirasi dari kuliner Belanda yang bernama Hachee.

  1. Sop Senerek

Sop senerek merupakan makanan khas asal Magelang, Jawa Tengah. Kuliner yang satu ini berisi kacang merah, daging sapi atau ayam, wortel, kentang, bayam, dan taburan bawang goreng.

  1. Perkedel

Perkedel, makanan Indonesia ini juga merupakan peninggalan Belanda. Foto: resepedia.id

Perkedel merupakan makanan yang tidak asing lagi. Menu ini sering dijadikan lauk pendamping saat makan soto, sop, hingga nasi tumpeng.

Perkedel merupakan makanan yang terinspirasi dari kuliner Belanda. Nama perkedel juga berasal dari bahasa Belanda, yakni “frikadel” atau “frikadeller”. Secara harfiah, frikadel berarti daging cincang yang dilumat lalu digoreng. 

Oleh masyarakat Indonesia makanan ini dimodifikasi dengan menambahkan kentang yang dihaluskan. Pasalnya, kentang merupakan hasil bumi yang mudah ditemukan dan murah.

  1. Dadar Gulung

Dadar gulung merupakan salah satu makanan Indonesia yang ternyata peninggalan Belanda. Dadar gulung merupakan kue basah berbahan dasar tepung terigu yang diberi isian parutan kelapa dan gula merah.

Pada dasarnya, jajanan yang satu terinspirasi dari kue dadar ala Belanda yang berbahan dasar sama.

  1. Lapis Legit

Kue lapis legit memiliki nama asli Spekkoek, yakni makanan yang kerap disajikan dalam jamuan makanan khas Belanda.

Spekkoek berasal dari kata “spek” yang berarti lemak babi, dan “koek” yang artinya kue. Meski begitu, dalam resep aslinya tidak mengandung lemak babi sama sekali.

Nah, itulah 5 makanan Indonesia yang terinspirasi makanan khas Belanda. Mana yang menjadi favorit Anda?

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul "5 Makanan Indonesia yang Ternyata Peninggalan Belanda, Bikin Ngiler!"

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network