Berkunjung ke Perpusnas, Perpustakaan Setinggi Tugu Monas

Laurent Nabila Zahra Tanjung
Berada di Perpusnas sungguh terasa sensasi Tugu Monas. Dari dalam Perpusnas, pengunjung bisa melihat Monas mengingat keduanya berada di satu kawasan dengan ketinggian nyaris sama. Foto: Laurent Nabila Zahra Tanjung/iNewsDepok.id.

JAKARTA, iNewsDepok.id- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia menjadi perpustakaan tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 126,3 meter, nyaris setinggi Tugu Monas 132 meter. Sensasi ketinggian Monas makin terasa karena pengunjung bisa melihat Monas saat baca buku di Perpusnas. Keduanya memang berada di satu kawasan.

Tentu tak sekadar menjadi perpustakaan tertinggi di dunia mengalahkan Shanghai Library Institute dengan ketinggian 106 meter. Perpusnas yang tersusun dari 24 lantai juga memiliki koleksi lengkap.  Fasilitas dan layanannya akan memanjakan para pengunjung untuk betah berlama-lama. Ingin tahu lebih dalam tentang Perpusnas, simak informasi berikut ini? 


Tugu Monas saat dipotret dari dalam Perpusnas. Foto: Laurent Nabila ZT/iNewsDepok.id
 

Cara Mencapai Perpusnas

Perpusnas berlokasi di jantung kota Jakarta, tepatnya di jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Gambir, Jakarta Pusat. Ini berarti Perpusnas berada di satu kawasan dengan Monas.

Dengan lokasi strategis satu kawasan dengan Monas, menjangkau Perpusnas begitu mudah. Bagi pecinta kereta api, bisa turun di Stasiun Gondangdia. Dari sini, perjalanan bisa dilanjutkan dengan dengan menumpang Busway nomor koridor 2Q jurusan Gondangdia-Balaikota. Terdapat halte Perpustaan Nasional di jalur ini. Begitu dekatnya, waktu perjalanan tak mencapai 10 menit. 

Biaya Busway dari Stasiun Gondangdia hanya Rp3.500. Sedangkan masuk ke Perpusnas, tak dipungut biaya alias gratis.

Moda transportasi lain juga sama mudahnya. Semisal menggunakan Busway dari berbagai lokasi di pinggiran Jakarta.

Waktu  Terbaik Berkunjung ke Perpusnas

Waktu terbaik untuk mengunjungi Perpusnas adalah pagi hari di hari kerja (Senin-Jumat).

Perpusnas buka pada pukul 08.00. Ini waktu terbaik karena suasana belum ramai.

Fasilitas Perpusnas dan Koleksi Buku

Hampir di setiap lantai, Anda bisa leluasa membaca buku. Namun jika Anda membutuhkan suasana yang sangat tenang, tempatnya berada di lantai 19. Di lantai ini Anda bisa memilih apakah mau duduk di kursi atau lesehan di lantai dengan beanbag yang super nyaman. 

Di ruangan ini juga dilengkapi stop kontak pada setiap mejanya, bahkan yang lesehan di lantai sekalipun terdapat stop kontak di sana-sini. Jadi, jangan takut tidak menemukan stop kontak.


Membaca buku sangat nyaman di Perpusnas. Foto: Laurent Nabila ZT.

Anda juga tak akan menemui kendala koneksi internet. Wi-Fi disediakan dengan kecepatan yang patut diacungi dua jempol. 

Jumlah koleksi buku di Perpusnas sangat banyak. Anda akan menemui setiap jenis buku yang diperlukan. 

Demikian informasi mengenai Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Di sini, Anda bisa leluasa membaca buku sambil memandang Tugu  Monas, salah satu ikon Indonesia.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network