Inilah 5 Makanan Penambah Darah, Dijamin Tak Mudah Lelah

Kartika/Net Depok
Makanan penambah darah. Foto: Pixabay/fotoshoptofs

DEPOK, iNewsDepok.id - Ada beberapa jenis makanan penambah darah yang bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian tubuh. Sebaliknya, kurangnya asupan makanan-makanan tersebut bisa membuat seseorang mudah lelah dan selalu lemas. Hal tersebut disebabkan karena kekurangan zat besi atau disebut juga kurang darah.

Kekurangan zat besi berdampak pada penurunan terhadap sel darah merah dalam tubuh. Artinya, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang cukup.

Hemoglobin merupakan zat yang ada di dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk konsumsi makanan penambah darah secara rutin setiap hari untuk melancarkan produksi hemoglobin tersebut.

Lalu apa saja makanan yang bisa menambah darah? Berikut 5 makanan penambah darah, seperti diolah dari berbagai sumber, pada Senin (22/8/2022):

  1. Daging merah dan daging unggas 

Daging merah dan daging unggas merupakan makanan penambah darah karena termasuk makanan yang mengandung tinggi zat besi. Daging merah di antaranya daging sapi dan daging kambing, sementara daging unggas seperti daging ayam dan daging bebek.

Setidaknya, terdapat sekitar 2,7 miligram zat besi yang terdapat dalam 100 gram daging merah. Jumlah tersebut sudah memenuhi sekitar 15 persen dari total asupan harian yang disarankan.

Sementara itu, mengonsumsi sebanyak 100 gram daging unggas, seperti daging ayam, sudah memenuhi sekitar 13 persen dari jumlah total asupan harian zat besi. Tidak hanya daging ayam, daging bebek juga cocok menjadi jenis makanan penambah darah dari golongan unggas.

  1. Sayuran berdaun gelap

Makanan penambah darah lainnya ada sayuran berdaun gelap. Bayam dan brokoli merupakan dua jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena termasuk sumber zat besi yang baik.

Tak hanya itu, sayuran berdaun gelap lain pun kaya akan zat besi. Namun, pastikan Anda sudah memasak sayuran tersebut hingga matang, karena proses pemasakan akan memudahkan tubuh menyerap zat besi. 

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network