Joget Lagu Ojo Dibandingke Viral, Juru Bahasa Isyarat Winda Utami Ungkapkan Ini

Antara/Tim iNews
Winda Utami saat bertugas menginterpretasikan lagu Ojo Dibandingke, yang jogetnya menjadi viral. Foto: Tangkapan layar Instagram

JAKARTA, iNewsDepok.id - Di layar kaca terlihat ada sesuatu yang tidak biasa dilakukan juru bahasa isyarat saat Farel Prayoga menyanyikan lagu Ojo Dibandingke di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022). Aksi Winda Utami, sang juru bahasa isyarat (JBI) mendapat perhatian karena penuh semangat bergoyang saat menginterpretasikan lagu.

Saat itu terlihat, ketika seluruh peserta upacara berjoget di dekat panggung. Winda menginterpretasikan lagu tersebut dengan penuh semangat sambil bergoyang agar bisa dinikmati oleh para pemirsa tuli.


Winda Utami saat menginterpretasikan lagu Ojo Dibandingke yang dinyanyikan Farel Prayoga di Istana Negara pada perayaan HUT RI ke-77, pada Rabu (17/8/2022). Foto: tangkapan layar Instagram

Apa yang dilakukan Winda tersebut menjadi viral karena banyak akun media sosial mengunggah ulang video Winda saat menginterpretasikan lagu Ojo Dibandingke.

Bagi masyarakat awam, cara menerjemahkan lagu tersebut menjadi hal yang tidak biasa dilihat dalam acara formal. Namun menurut perempuan yang telah mempelajari bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) sejak tahun 2011 ini, cara seperti itu diperlukan agar masyarakat tuli dapat memahami situasi yang terjadi.

Winda yang tergabung dalam lembaga juru bahasa isyarat Indonesia atau Indonesia Sign Language Interpreter (INASLI), menjelaskan dalam bahasa isyarat, ada tiga hal terpenting yakni isyarat, ekspresi, dan verbal. JBI dalam penyampaiannya perlu menggambarkan situasi dalam acara tersebut dengan gerakan tubuh.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network